15 Ide Ngabuburit Anti Gabut Selama Bulan Ramadhan – Tasty Snack Indonesia

15 Ide Ngabuburit Anti Gabut Selama Bulan Ramadhan

Selama bulan puasa, banyak orang melakukan ngabuburit di sore hari untuk menunggu waktu berbuka. Sebenarnya, dari mana kata ngabuburit berasal? Dan apa saja yang bisa dilakukan selama menunggu waktu berbuka puasa ya?

Yuk, simak bareng ulasan di bawah ini bersama Tasty Snack. 

Apa sih Ngabuburit itu?

Ngabuburit diambil dari kata “burit” yang berasal dari bahasa Sunda. Dikutip dari Kamus Sunda - Indonesia, “burit” sendiri artinya sore. Sementara itu, ngabuburit berarti jalan-jalan menunggu waktu berbuka yang dilakukan pada sore hari. Ngabuburit umumnya dilakukan dari waktu Ashar sampai menjelang Maghrib.

Di daerah lain di Indonesia, istilah menunggu waktu berbuka puasa sendiri cukup beragam. Contohnya adalah istilah malengah puaso yang digunakan oleh masyarakat suku Minang. 

Tips Ngabuburit Bermanfaat

Supaya kegiatan menunggu waktu puasamu enggak itu-itu saja, yuk simak beberapa ide di bawah ini:

1. Menonton Acara Televisi Bareng Keluarga 

menonton tv

Selama bulan Ramadhan, biasanya acara di stasiun televisi mulai disesuaikan dengan tema puasa. Acara seperti ini tidak akan ditemukan di luar bulan puasa.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu manfaatkan waktu luang dengan menonton tv bersama anggota keluarga. 

2. Mengikuti Kegiatan Sosial 

kegiatan sosial

Bulan Ramadhan juga bisa menjadi ajang untuk berbagi kepada sesama. Para sukarelawan akan membagikan makanan untuk berbuka atau sembako gratis kepada orang-orang yang membutuhkan.

Selain mendapatkan pahala yang berlipat, berbagi dengan sesama di bulan Ramadhan juga bisa meningkatkan rasa empatimu terhadap orang yang kondisinya kurang beruntung. 

3. Olahraga 

olahraga

Tidak makan dan minum seharian di bulan puasa tidak dapat dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Kamu tetap bisa berolahraga seperti hari-hari biasa.

Yang penting, perhatikan intensitas selama olahraga dan jangan dipaksa jika kondisi tubuh tidak memungkinkan. Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga selama bulan Ramadhan adalah mendekati waktu berbuka puasa. 

4. Mengadakan Acara Buka Bersama 

buka bersama

Buka puasa bersama merupakan saat-saat yang bisa mendekatkan kamu dan orang terdekat, khususnya jika jadwal kalian cukup padat dan jarang bertemu di hari biasa.

Tempat buka puasa bareng bisa sangat beragam, mulai dari rumah atau menyewa tempat di cafe dan restoran. Semua tergantung anggaran dan berapa orang yang mau kamu ajak berbuka puasa bersama. 

5. Membuat Kreasi Kerajinan Tangan 

kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan adalah ide ngabuburit berikutnya yang bisa kamu lakukan. Kegiatan ini tidak hanya menghilangkan gabut, tetapi juga bisa meminimalisir stres.

Menurut penelitian, melakukan kegiatan kerajinan tangan seperti merajut bisa meningkatkan mood dan mengurangi stres lho. 

6. Mencoba Masak untuk Berbuka Puasa 

masak untuk buka puasa

Siapa di sini yang setiap buka puasa hanya numpang bagian makan tapi enggak pernah masak? Sekarang saatnya kamu mulai coba ikutan masak untuk buka puasa.

Cobalah untuk minta bantuan mama atau temanmu yang lebih jago memasak kalau bingung bagaimana mulainya, ya! 

7. Mengikuti Workshop 

workshop

Ada berbagai macam pelatihan atau workshop yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan keterampilan.

Jika kamu lebih jeli, terdapat beberapa workshop gratisan yang disediakan oleh lembaga atau tempat tertentu.

Cara ini dijamin bikin waktu ngabuburit semakin bermanfaat. 

8. Bermain Permainan Tradisional 

permainan tradisional

Permainan tradisional enggak kalah seru dengan permainan modern melalui console game.

Pilihlah permainan tradisional yang tidak mengeluarkan banyak energi seperti congklak.

Jangan lupa ajak teman atau anak-anak di sekitarmu supaya permainan semakin menyenangkan. 

9. Mengunjungi Tempat Bersejarah 

sarinah

Ide berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah berkunjung ke tempat bersejarah, entah itu museum atau pusat perbelanjaan yang tertua. Contohnya saja Sarinah, salah satu pusat perbelanjaan tertua di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi sarinah.co.id, Sarinah sudah berdiri sejak tahun 1966 dan menjadi salah satu department store pertama di Indonesia. 

10. Bebersih Rumah 

bebersih rumah

Ingat ungkapan “rumahmu, istanamu”? Nah, bulan puasa juga bukan menjadi penghalang bagimu untuk menjaga kebersihan rumah secara keseluruhan.

Karena kamu sibuk bersih-bersih di sore hari, laparnya jadi nggak berasa. Tau-tau udah adzan Maghrib aja. 

11. Berkunjung ke Rumah Saudara 

berkunjung ke rumah saudara

Tidak perlu menunggu lebaran untuk berkunjung ke rumah saudara. Kalau rumah saudaramu tergolong dekat dari kediamanmu, kamu bisa mampir di sore hari untuk berkunjung.

Berkunjung ke rumah saudara bisa makin asik jika kamu ikut main bareng keponakan atau sepupu yang masih kecil. 

12. Berburu Takjil 

berburu takjil

Tahukah kalian jika ada jajanan atau makanan tradisional yang hanya dijual pada bulan Ramadhan? Contoh makanan khas bulan puasa ini adalah kolak dan es timun suri.

Di luar bulan Ramadhan, kamu tidak akan menemukan kedua makanan tersebut. Mumpung lagi puasa dan masih ada, kamu perlu berburu makanan ini untuk disantap di jam berbuka nanti. 

13. Jalan Sore 

jalan sore

Masih bingung mau ngabuburit ngapain? Kegiatan yang satu ini tidak membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Paling kamu hanya keluar ongkos transport jika tempatnya agak jauh dari rumahmu.

Tempat paling recommended untuk jalan sore adalah taman kota atau taman terdekat yang ada di komplekmu. 

14. Nongkrong Bersama Teman 

nongkrong bersama teman

Selain jalan sore, kamu juga bisa ngabuburit bareng teman-teman. Tempat ngabuburit bareng teman sangat bermacam-macam. Kalian bisa ngumpul bareng di salah satu rumah teman yang dijadikan basecamp atau ngumpul di tempat lain yang cukup nyaman. 

15. Melihat Sunset 

melihat sunset

Dan ide yang terakhir untuk menunggu waktu berbuka adalah melihat matahari tenggelam atau sunset.

Cari tempat yang tidak terlalu banyak gedung tinggi atau sekalian pilih saja gedung tinggi di mana kamu bisa melihat matahari tenggelam dengan jelas.

Namun, pastikan cuaca hari itu cukup cerah supaya tidak ada awan yang menutupi matahari.

Jadi, yang mana ide ngabuburit yang kamu pilih? Untuk berbuka puasa, kamu bisa pilih cemilan sehat dari Tasty Snack yang praktis dan rendah kalori.

Jadi, kamu gak perlu cemas soal asupan gizi harian selama berpuasa. Yuk, cari cemilan untuk berbuka puasa di Tasty Snack!