Ingin Tetap Fit Selama Berpuasa? Ikuti Tips Puasa Sehat Ini Yuk! – Tasty Snack Indonesia

Ingin Tetap Fit Selama Berpuasa? Ikuti Tips Puasa Sehat Ini Yuk!

Selama bulan Ramadhan, tubuh kita tidak mendapat asupan makanan dan cairan lebih dari 12 jam, sehingga kita akan cepat lelah saat beraktivitas. Pada dasarnya tubuh kita membutuhkan nutrisi dan cairan yang cukup untuk dapat menunjang kinerja organ tubuh. 

Puasa selama bulan Ramadhan adalah latihan mental dan fisik. Terlepas dari perayaan yang datang bersamaan dengan Ramadhan, kita tidak boleh melupakan beberapa manfaat kesehatan dari puasa yang sudah dirangkum oleh Healthline berikut:

  • Menghilangkan racun dari tubuh
  • Membantu melawan peradangan
  • Menstabilkan tekanan darah dan kadar kolesterol
  • Memelihara fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegeneratif
  • Membantu menurunkan berat badan dengan membatasi penyerapan kalori
  • Meningkatkan kesehatan mental

 

Namun puasa saja tidak cukup untuk membuat kita tetap bugar dan sehat. Faktanya, kita justru harus lebih fokus pada perubahan dalam kebiasaan makan dan aktivitas lainnya. Di bawah ini adalah beberapa tips tentang bagaimana kita bisa tetap kuat, sehat, dan energik selama sebulan penuh berpuasa.


1 | Tetap terhidrasi

 

Untuk mencegah dehidrasi di siang hari, minumlah setidaknya 8-12 gelas air sehari antara waktu berbuka dan sahur. Asupan air yang cukup sangat penting untuk mencegah berkurangnya volume air dalam tubuh, karena dehidrasi memiliki berbagai macam efek negatif, seperti rasa lelah yang terus-menerus.

Pilih minuman yang tidak mengandung kafein, karena minuman berkafein justru bisa mempercepat dehidrasi. Tetapi juga jangan berlebihan dengan minum terlalu banyak air sekaligus. Karena menurut WebMD, meminum terlalu banyak air juga dapat membuat kandungan air dalam tubuh meningkat (over-hydrated), menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal disebut keracunan air.


2 | Jangan pernah melewatkan Sahur

Karena kita tidak akan mendapatkan nutrisi di siang hari, sangat penting untuk menyiapkan makanan dengan nutrisi seimbang yang mengandung: karbohidrat kompleks, tinggi serat dan kaya protein.

Karbohidrat dapat membantu menstabilkan gula darah dan memberi efek kenyang. Oat, gandum, biji-bijian, dan lentil adalah contoh karbohidrat kompleks. Sementara makanan berserat tinggi adalah makanan yang lambat dicernanya, sehingga efek kenyang jadi lebih lama, seperti biji-bijian, kentang, sereal, kurma, sayuran dan buah-buahan.

Dikutip dari CNN, konsumsi buah dan sayur selama bulan puasa minimal 7 porsi, terutama yang memiliki kandungan air tinggi seperti timun, semangka, pepaya, jeruk, bayam, atau tomat. Untuk makanan yang kaya protein contohnya seperti keju, yoghurt, ikan (terutama yang kaya Omega-3), daging, dan kacang-kacangan seperti kacang kedelai.


3 | Porsi makan itu penting

Tubuh butuh waktu sekitar 20 menit untuk memproses apakah ia sudah kenyang atau belum. Jadi jangan makan dan minum berlebihan saat berbuka puasa. Lebih baik makan dengan porsi sedikit namun perlahan daripada makan banyak. Tubuh justru lebih fit dan bisa mengurangi stres juga lho!


4 | Terus bergerak

Meskipun puasa bisa melelahkan secara fisik, usahakan untuk tidak terlalu banyak duduk atau tidur. Jika kamu biasanya berolahraga di pagi hari, cobalah beralih ke malam hari setelah berbuka puasa. Tetap berolahraga di pagi atau siang hari bisa membuat kamu cepat dehidrasi.

Mungkin kamu bisa mengubah jenis olahraga biasanya menjadi yang lebih ringan, seperti jalan santai atau stretching rutin selama 10-15 menit setiap hari untuk membantu menjagamu tetap berenergi sepanjang hari.


5 | Tidur yang cukup

Menurut Sleep Foundation, orang yang berpuasa memiliki kadar hormon pertumbuhan yang lebih tinggi, yang diproduksi justru saat tidur. Hormon ini membakar lemak, memulihkan otot, dan membantu sel-sel tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Hasilnya, jika kamu tidur saat berpuasa, kamu akan bangun dengan kondisi yang lebih segar. Tapi bukan berarti kamu bisa tidur seharian ya!



Untuk menemani puasa tahun ini, Tasty Snack punya beragam pilihan snack tinggi serat seperti Forager Fruits dan beberapa pilihan snack dari oat dan granola yang bisa kamu beli untuk dinikmati saat sahur dan berbuka puasa nanti. Dijamin selain sehat, snack pilihan Tasty Snack rasanya pasti enak!