Inspirasi Hadiah untuk Ibu dari Berbagai Negara – Tasty Snack Indonesia

Inspirasi Hadiah untuk Ibu dari Berbagai Negara

Tahukah kamu kalau Hari Ibu dirayakan pada tanggal yang berbeda di berbagai negara? Inggris dan Irlandia adalah negara pertama yang merayakannya, yaitu Minggu keempat setelah Paskah. Sementara bagi banyak negara lain, seperti Australia, AS, Cina, India, dan sebagian besar negara di Eropa, peringatan hari ibu diadakan pada hari Minggu kedua bulan Mei. Di Indonesia, Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember. 

Bukan hanya tanggal Hari Ibu yang berbeda, tradisi perayaannya juga beragam. Akan tetapi, apapun bentuk perayaannya, inti dari Hari Ibu adalah ingin membuat ibu kita merasa spesial dengan memberikan hadiah. Untuk itu, berikut beberapa inspirasi hadiah untuk ibu dari berbagai negara yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Let’s check it out!


Hari Ibu di Inggris dan Irlandia

Hari Ibu (Mothering Sunday) di Inggris dan Irlandia diartikan sebagai waktunya ‘hangout’ untuk para ibu. Awalnya tradisi Hari Ibu di kedua negara ini dengan memberikan kartu ucapan bertuliskan pesan yang indah beserta hadiah kecil.

Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir, muncul tradisi baru di negara-negara tersebut. Para ibu diminta berpakaian bagus, berdandan cantik dan biasanya diajak ke restoran mewah untuk makan siang atau makan malam.


Hari Ibu di Jerman, Prancis dan Spanyol

Banyak negara di Eropa merayakan Hari Ibu pada hari yang sama, bahkan tradisinya sangat mirip. Hari Ibu akan dirayakan oleh keluarga yang memiliki anak kecil, di mana anak dan ayah akan bangun pagi-pagi untuk menyiapkan sarapan untuk ibu.

Hadiah untuk Ibu umumnya handmade dan biasanya anak-anak membuat gambar-gambar indah yang berisi pesan manis sebagai ungkapan terima kasih kepada ibu mereka selama di sekolah. Ada pula yang memberikan hadiah berupa kupon dengan yang sudah dituliskan beberapa macam hadiah, misalnya: 5 pelukan sepanjang hari, makan malam di restoran, jalan-jalan ke pantai. Semuanya ditujukan untuk memanjakan ibu. 

Selain lukisan, ada pula anak-anak yang menulis puisi untuk ibu mereka dan yang pasti selalu ada saat perayaan Hari Ibu adalah acara makan bersama, namun semua dipersiapkan oleh anak dan ayah. Para ibu diminta bersantai dan tidak melakukan apapun sebagai bentuk penghargaan.


Hari Ibu di Amerika Serikat

Para ibu di Amerika Serikat biasanya akan dibanjiri dengan kartu ucapan dan hadiah pada Hari Ibu. Kartu-kartu ucapan ini biasanya diberikan bersama dengan karangan bunga cantik dan hadiah seperti coklat atau parfum. Ada juga yang memberikan hadiah berupa paket wisata atau spa. Banyak keluarga yang sengaja pergi keluar untuk makan malam, tapi ada pula yang menyiapkan sendiri makanan kesukaan ibu di rumah.

Salah satu inspirasi hadiah untuk ibu yang unik ada Happy Mother’s Day Chocolate Gift Box dari Quirky Chocolate. Cokelat batangan yang dikemas dengan kertas bermotif bunga ini adalah hasil kolaborasi dengan ilustrator asal London, Nichola Cowdery. Cokelat artisan handmade asal Inggris ini juga sangat go green, dikemas tanpa plastik sama sekali. Kamu bisa menambahkan pesan pribadi untuk membuat ibumu semakin terharu dan bahagia.


Hari Ibu di Australia

Bunga adalah hadiah paling populer di Australia untuk Hari Ibu. Anyelir dan krisan adalah bunga yang paling sering diberikan saat Hari Ibu. Bunga-bunga ini biasanya dikombinasikan dengan gift voucher dari anak-anak, seperti tiket liburan, spa, atau belanja.

Berbeda dengan banyak negara di Eropa yang kebanyakan memilih tinggal di rumah untuk bersantai saat Hari Ibu, keluarga di Australia justru memanfaatkan momen ini untuk pergi keluar dan melakukan aktivitas, seperti mengunjungi kebun binatang. Yang menariknya lagi, selain untuk ibu sendiri, banyak pula yang sengaja mengadakan acara atau kegiatan amal yang ditujukan untuk membantu para wanita.


Hari Ibu di Jepang

Sumber: Aliexpress

Sama seperti di Amerika dan beberapa negara Eropa, Hari Ibu juga dirayakan setiap tahun pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Anak-anak akan bangun pagi untuk menyambut ibu mereka dengan bunga dan sarapan.

Hari Ibu di Jepang secara simbolis diasosiasikan dengan telur, jadi banyak yang sengaja menyiapkan hidangan berbahan dasar telur untuk merayakannya. Beberapa hidangan telur khas Jepang diantaranya: Oyakodon, Chawanmushi dan Tamagoyaki.

Di Jepang, mawar secara simbolis diberikan kepada Ibu sebagai tanda cinta, pengabdian, dan keindahan. Anyelir merah atau merah muda juga merupakan bunga yang populer untuk diberikan di Hari Ibu karena melambangkan kesucian dan kekuatan. Hadiah lain yang biasa diberikan saat Hari Ibu di Jepang ada kaligrafi Kanji, kotak perhiasan dan pakaian.


Hari Ibu di Korea

Dalam budaya Korea, ibu dianggap sebagai ‘the bedrock of the family structure’, orang yang menyatukan segalanya dengan cinta, pengorbanan, dan pengabdian mereka. Anak-anak di seluruh Korea berusaha mencari hadiah yang sempurna untuk ibu mereka. Bunga, coklat, dan pernak-pernik kecil adalah beberapa hadiah paling populer yang diberikan anak-anak kepada ibu dan ayah mereka pada hari istimewa ini.

Jjajangmyeon adalah salah satu hidangan paling populer untuk Hari Ibu di Korea. Hidangan mi yang lezat ini dibuat dengan saus kacang hitam yang kaya rasa dan gurih. Jjajangmyeon dianggap bisa membangkitkan kenangan indah masa kecil, membuat suasana hangat dan nostalgia yang indah.


Di atas adalah beberapa inspirasi hadiah untuk ibu dari berbagai negara. Ada yang memberikan kartu ucapan, bunga, coklat, tiket liburan sampai waktu bersantai seharian untuk ibu mereka. Apapun bentuk hadiahnya, semua yang dilakukan bertujuan untuk menyenangkan ibu. Jadi tunggu apa lagi? Kamu bisa kreasikan sendiri hadiah untuk ibu bersama Tasty Snack.

 



Hanya dalam 4 langkah mudah, personalized gift box buatan kamu bisa dipesan. Kamu bisa langsung klik disini, pilih box, pilih snack dan barang kesukaan ibu, lalu pilih kartu ucapan sesuai selera kamu, masukkan alamat dan kontak, selesai deh! Hadiah spesial untuk ibu siap dikirim dengan aman oleh kurir kami. Jika kamu mengalami kesulitan atau kendala, dapat langsung menghubungi kami melalui pesan WhatsApp atau email ke askus@tastysnack.id.