Makan Kacang Bikin Jerawat, Mitos atau Fakta? – Tasty Snack Indonesia

Makan Kacang Bikin Jerawat, Mitos atau Fakta?

Kacang adalah salah satu makanan ringan favorit banyak orang di seluruh dunia. Karena mudah diolah menjadi banyak jenis makanan, mulai dari selai kacang sampai kacang selimut, semua makanan berbahan kacang selalu menjadi primadona. Tapi apa benar makan kacang bikin jerawat?


Kacang dan Jerawat

Menurut sebuah jurnal yang dimuat dalam National Library of Medicine, ada banyak faktor yang dapat memperburuk produksi sebum kulit kita, salah satunya adalah tidak stabilnya hormon tubuh. Inilah sebabnya mengapa remaja dan wanita hamil lebih rentan muncul jerawat, karena terjadi ketidakseimbangan hormon.

Bagi pria, hormon sangat penting, terutama androgen. Hormon ini bertanggung jawab atas perubahan suara pria dan pertumbuhan rambut tubuh selama masa pubertas. Kacang mengandung bahan mirip androgen. Jadi ketika kamu mengonsumsi kacang, maka jumlah androgen dalam tubuh meningkat dan efeknya lebih banyak minyak yang dihasilkan kulit.

Ketika kelebihan minyak, efeknya akan ada lebih banyak kotoran yang menempel dan menumpuk, sehingga muncul jerawat. Selain kacang, makanan lain yang bisa meningkatkan jumlah androgen adalah kerang dan minyak jagung.


Apakah kacang bagus untuk kulit?

Ada banyak manfaat makan kacang untuk kesehatan jantung, otak, hingga kulit. Seperti dikutip dari Mayo Clinic, selain mengandung lemak sehat dan protein, kacang juga mengandung magnesium, potasium, dan antioksidan, yang semuanya sangat bermanfaat untuk tubuh.

Kacang adalah camilan bergizi karena bisa memberi energi sekaligus membuat kita kenyang lebih lama. Kandungan antioksidannya juga sangat bagus untuk mencegah bercak hitam muncul di wajah. Namun tetap harus ingat kalau kandungan androgennya bisa membuatmu rentan berjerawat, jadi konsumsilah dalam jumlah sedang.


Lalu makanan apa yang bisa mencegah jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh pria dan wanita untuk semua jenis kulit. Meskipun dapat hilang dalam beberapa hari, jerawat bisa meninggalkan bekas mengganggu berupa noda membandel dan bekas luka yang tidak memudar selama berbulan-bulan. Oleh karena itu, menghadapi jerawat tidaklah mudah, namun dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat dan beberapa perubahan gaya hidup, kamu bisa mencegahnya kok!

Kalau kamu sering bertanya-tanya bagaimana cara menghindari jerawat, jawaban paling simple adalah dengan mengubah pola makan, salah satunya mulai beralih ke makanan-makanan yang bisa mencegah jerawat yang kami rangkum dari BeBeautiful berikut ini yuk! 


1 | Brokoli

Untuk diet anti jerawat, kamu tidak boleh melewatkan makanan super ini. Brokoli merupakan salah satu sayuran silangan yang paling sehat, karena sangat kaya vitamin C, kalsium dan selenium. Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit tampak lebih muda, kencang, bebas kerut dan mencegah kulit kering.

Brokoli juga mengandung zat yang disebut glucoraphanin yang berperan dalam memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

 

2 | Buah Beri

Kalau kamu bertanya-tanya buah apa yang paling bagus untuk menghilangkan jerawat dari wajah, buah beri adalah jawabannya. Beri adalah topping yang cocok untuk melengkapi yogurt, salad buah atau hanya dimakan sebagai camilan juga gak masalah.

Contohnya saja blueberry yang mengandung antioksidan, vitamin C dan E yang bagus untuk kulit. Blueberry adalah penghilang jerawat yang hebat dan dikenal membantu menghilangkan bekas jerawat. Karena kandungan asam salisilat yang tinggi, makan blueberry bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamasi juga meredakan radang kulit, mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

Karena ada banyak jenis buah beri dan daya tahannya pun tidak lama, paling tepat menggantinya dengan buah beri kering seperti dari koleksi Forager Fruits, yang terdiri dari buah stroberi dan blueberry. Dibuat dari buah yang dikeringkan, nutrisinya tetap sama dan rasa juga sama lezatnya. Dikemas dalam zipper pouch yang sangat praktis untuk dimasukkan ke dalam tas. Potongannya pun kecil-kecil, jadi aman juga untuk anak.

 

3 | Buah Bit

Buah berwarna merah cerah ini mengandung banyak nutrisi, serta bagus untuk kesehatan kulit dan usus. Antioksidan dalam buah bit membantu mencegah dan melawan pemicu jerawat.

Dengan makan buah bit, kulit jadi lebih lembab dan bisa mengatasi gatal-gatal di kulit. Jus buah bit juga merupakan minuman detoksifikasi yang sangat bagus, membantu membuang racun dan membersihkan darah. Hasilnya kulit tampak terhidrasi, lembut dan kenyal.


 4 | Alpukat

Makanan super berwarna hijau dan super lembut ini adalah buah serbaguna. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, vitamin, anti-oksidan, mineral, dan potasium dalam jumlah tinggi. Buah ini mengandung biotin yang membantu menghidrasi kulit dan mengurangi ruam.

Alpukat juga memiliki kandungan asam laurat yang tinggi, yang berfungsi sebagai agen antimikroba dan antiinflamasi. Asam linoleat dan oleat dalam alpukat membantu memperbaiki dan menyembuhkan kulit. Dengan rutin makan alpukat, akan membantu membuka pori-pori, mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan minyak berlebih.


5 | Beras Merah

Beras merah bukan hanya alternatif yang lebih sehat dari nasi putih, tetapi juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit. Beras merah kaya akan protein yang berfungsi sebagai exfoliant yang kuat, yaitu mampu memperlancar aliran darah di kulit, kulit pun jadi lebih cerah.

Vitamin, anti-oksidan, dan magnesium yang ada dalam beras merah dapat membantu mengatasi jerawat dan melindungi kulit dari bekas-bekas jerawat. Beras merah membantu mengontrol produksi sebum berlebih dan mencegah munculnya jerawat. Karena memiliki sifat astringent dan cooling, bisa membantu mengurangi kemerahan dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.


 6 | Dark Chocolate

Ahli gizi dan dokter kulit banyak yang merekomendasikan dark chocolate karena dianggap paling sehat dibandingkan jenis cokelat lainnya. Dark chocolate kaya antioksidan karena mengandung lebih banyak kakao. Kandungan kakao yang tinggi berarti kaya akan flavonoid dan fungsi flavonoid adalah mencegah kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Kandungan zinc yang tinggi pada dark chocolate bermanfaat untuk menjaga kulit tetap bersih dan halus karena mencegah timbulnya jerawat. Maka jangan heran jika banyak produk skincare yang menggunakan dark chocolate sebagai bahan baku masker wajah atau scrub.


 7 | Ubi

Ubi kaya akan beta karoten yang menghasilkan warna oranye. Beta karoten diubah menjadi vitamin A yang ideal untuk melawan jerawat dan menangkal kerutan. Vitamin A dapat mencegah pori-pori tersumbat yang merupakan penyebab utama munculnya jerawat. 

Ubi sangat bagus dikonsumsi bagi si pemilik kulit berminyak. Orang dengan kulit berminyak bisa membuat masker wajah dari ubi yang direbus dan dicampur dengan madu, yang bagus dalam mengontrol produksi sebum berlebih.

Salah satu jenis ubi yang tinggi kandungan antioksidannya adalah ubi ungu. Whole Chips Purple Ube adalah snack ubi ungu yang kami rekomendasikan untuk kamu. Menggunakan >80% ubi ungu, hanya menggunakan bahan-bahan alami, bebas MSG, tanpa pengawet, gluten free dan sangat rendah kalori. Sangat cocok buat kamu yang diet bonus bebas jerawat nih!

 

 

Temukan lebih banyak cemilan sehat lainnya yang bukan hanya bagus untuk kesehatan tubuh tapi juga bagus untuk kulit kamu hanya di Tasty Snack. Bye bye jerawat!