Ini Dia Jam Ngemil Paling Tepat Saat Menjalani Diet! – Tasty Snack Indonesia

Ini Dia Jam Ngemil Paling Tepat untuk Kamu yang Sedang Diet

Banyak yang mengira bahwa orang yang sedang menjalani program diet tidak boleh ngemil sama sekali. Pemahaman seperti ini jelas sangat keliru. Sebenarnya, orang yang sedang diet pun bisa makan cemilan dengan tenang selama mengikuti jam tertentu. Kapan waktu yang diperbolehkan ya? Simak ulasan jam ngemil saat diet berikut ini! 

Kenapa Ngemil Saat Diet Perlu Ada Jam Khusus? 

Percaya tak percaya, waktu ngemil sama pentingnya dengan jam makanmu. Mengonsumsi cemilan di antara waktu makan dapat memberikan energi, mengontrol kadar glukosa darah, dan sumber nutrisi tambahan. Meskipun begitu, kamu tetap harus memperhatikan apa yang kamu konsumsi dan kapan waktu yang pas untuk ngemil. 

Menurut Dietary Guidelines for Americans, 2020 - 2025 yang dirilis oleh United States Department of Agriculture (USDA), rutin merencanakan kapan dan apa makanan dan cemilan yang hendak kamu konsumsi dapat mendukung atau memperbaiki pola makan individu dan keluarga. Pola makan inilah yang menjadi salah satu keberhasilan program diet yang kamu jalani. 

Kapan Waktu Ngemil yang Baik Saat Diet?

Mengatur jam makan dengan baik bisa membantu menurunkan berat badan tanpa menderita. Kamu bisa ngemil dengan tenang selama mengikuti panduan waktu berikut ini: 

Pagi: 2 - 4 Jam Setelah Sarapan 

Tubuh butuh waktu dua sampai empat jam untuk mencerna makanan dalam kondisi normal. Jadi, kamu bisa mengonsumsi cemilan setidaknya 2 sampai 4 jam setelah sarapan. Ngemil setelah sarapan dapat meningkatkan energi dan mencegah penurunan gula darah. 

Siang: 2 - 4 Jam Setelah Makan Siang 

Sama halnya dengan ngemil di pagi hari, mengonsumsi camilan di waktu 2 hingga 4 jam setelah makan siang menjaga kadar gula darah. Manfaat lain dari ngemil sore juga bisa mencegahmu dari makan terlalu banyak saat jam makan malam. 

Waktu yang Kurang Tepat untuk Ngemil 

Nah, apakah ada jam khusus yang kurang baik untuk ngemil saat diet? Jawabannya adalah ADA. Ada jam yang sebaiknya kamu hindari untuk ngemil, contohnya ngemil sebelum tidur atau saat tengah malam. 

Kebiasaan tersebut tidak akan membuat lemak langsung menumpuk dalam tubuh. Namun jika diteruskan, makan sebelum tidur dan tengah malam tidak baik untuk kesehatanmu.   

Selain waktu ngemil, kamu juga perlu mempertimbangkan kandungan cemilan yang kamu konsumsi setiap harinya. Tak perlu bingung, Tasty Snack bisa membantumu untuk memilih snack rendah kalori yang pas untuk diet. Masih ada banyak koleksi cemilan sehat lainnya hanya di Tasty Snack!