WAJIB DICATAT! 10 BARANG INI TIDAK BOLEH DIBERIKAN SEBAGAI HADIAH IMLE – Tasty Snack Indonesia

WAJIB DICATAT! 10 BARANG INI TIDAK BOLEH DIBERIKAN SEBAGAI HADIAH IMLEK

Baik atau tidaknya suatu pemberian dapat berbeda di mata pemberi dan penerima. Dalam memilih hadiah Tahun Baru Imlek, seseorang harus mengetahui aturan dasar dalam budaya Tionghoa tentang hadiah yang tabu dan beberapa kebiasaan yang sudah menjadi tradisi turun-temurun. Jika tidak, hadiah yang kamu berikan justru bisa merusak hubunganmu dengan penerima. Berikut daftar 10 barang yang tidak boleh diberikan sebagai hadiah Imlek beserta alasannya.  



BENDA TAJAM – MEMUTUSKAN HUBUNGAN

Benda-benda tajam seperti pisau dan gunting harus dihindari, karena benda-benda itu menjadi simbol pemutusan hubungan. Kalau kamu tetap memberikan barang-barang ini sebagai hadiah Imlek, artinya kamu ingin memutus hubungan dengan penerima.



JAM – AKHIR DAN KEMATIAN

Pengucapan kata 'jam' ( zhōng) dalam bahasa Mandarin sama dengan 'akhir' ( zhōng). ‘Akhir’ biasanya merujuk pada kematian seseorang, jadi memberikan jam sebagai hadiah Tahun Baru Imlek adalah hal yang tabu dan bisa membuat si penerima tersinggung.



PAYUNG – PERPISAHAN

Karena banyak takhayul yang dikaitkan dengan homofon (kata yang pengucapannya sama dengan kata lain) di Tiongkok, kata 'payung' ( sǎn) terdengar sama dengan kata 'pisah' ( sàn). Oleh karena itu, payung bisa mengisyaratkan perpisahan dengan teman atau pasangan.



CERMIN – RAPUH DAN BISA MEMBAWA SIAL

Selama Tahun Baru Imlek atau festival lainnya, orang jarang memberikan cermin sebagai hadiah karena dua alasan. Salah satunya adalah cermin itu rapuh dan memecahkan cermin biasanya merupakan pertanda putusnya hubungan. Alasan lainnya terkait dengan budaya Feng Shui Tiongkok kuno. Cermin adalah alat penting untuk mengubah tata letak Feng Shui rumah, jadi jika cermin ditempatkan pada arah yang salah, justru bisa membawa sial bagi pemiliknya.

 

 

BUAH PIR – PERPISAHAN

Memberikan buah-buahan sebagai hadiah Tahun Baru Imlek merupakan hal yang wajar, namun ada beberapa jenis buah yang diberi pengecualian, salah satunya buah pir. Seperti payung, buah pir juga merupakan bentuk sindiran perpisahan terhadap keluarga atau teman, yang bisa membuat suasana tahun baru yang bahagia berubah sebaliknya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memberikan buah pir untuk orang tua atau pasangan.



BUNGA KRISAN – KEMATIAN & PEMAKAMAN

Meskipun memberikan bunga terlihat wajar-wajar saja, namun ada beberapa momen yang membuat kebiasaan ini justru dilarang. Di Cina, bunga krisan, terutama yang berwarna kuning dan putih, umumnya diasosiasikan dengan acara-acara seperti pemakaman atau upacara berkabung. Jika kamu mengunjungi seorang teman dengan membawa bunga krisan saat Tahun Baru Imlek, bisa-bisa kamu diusir dari rumahnya.

 

 

SEPATU – KEJAHATAN

Bahasa Cina untuk 'sepatu' ( xié) sekilas mirip dengan 'jahat' ( xié). Banyak yang menghubungkan kedua kata ini, sehingga sepatu memiliki arti yang tidak menyenangkan. Memberi seseorang sepasang sepatu sebagai hadiah Imlek sama dengan berbuat jahat kepada orang lain. Coba diingat-ingat, bisa jadi teman lama yang putus hubungan dengan kamu mungkin pernah mendapatkan sepasang sepatu dari kamu.



DOMPET – MEMBERIKAN HARTA KITA

Dompet mewakili kekayaan seseorang, jadi memilihnya sebagai hadiah Imlek sama saja seperti memberikan harta kamu. Tapi beda cerita jika kamu memberikan dompet kepada suami atau istri, karena dalam rumah tangga memang harta adalah milik satu sama lain.

 

 

SABUK, DASI DAN PAKAIAN DALAM – TERLALU PERSONAL

Beberapa barang pribadi seperti ikat pinggang, dasi atau pakaian dalam tidak pantas untuk diberikan kepada teman sebagai hadiah Tahun Baru Imlek. Hadiah seperti itu biasanya diartikan negatif atau tanda bahwa kamu ingin menjalin hubungan yang lebih intim dengan seseorang, misalnya sebagai kekasih.

 

 

TOPI – KEMATIAN DAN KETIDAKSETIAAN

Orang-orang di Cina akan memakai topi putih ketika anggota keluarga mereka yang lebih tua meninggal dunia. Sementara topi berwarna hijau merupakan bentuk sindiran kepada pria yang sudah beristri namun tidak setia, sehingga memberikan topi ini sebagai hadiah Imlek bisa dianggap penghinaan bagi penerimanya. Jadi sebaiknya hindari memberikan hadiah topi ya, apapun warnanya!

 

 

Belajar tentang budaya Tionghoa akan mempermudah kamu dalam memilih hadiah Imlek. Berbagai macam kepercayaan atau mitos yang dikaitkan dengan kesialan, nasib buruk atau kematian bisa jadi masih dipercaya oleh para sesepuh keluargamu. Nah, hadiah Imlek yang paling aman memang memberikan hampers makanan. Di Tasty Snack, kami sudah siapkan Chinese New Year Gift Box yang tersedia dalam beberapa opsi. Kamu bisa order Gift Box Spesial Imlek disini.