Jenis Vegetarian dan Aturan Makan Sampai Pantangannya – Tasty Snack Indonesia

Jenis Vegetarian dan Aturan Makan Sampai Pantangannya

Vegetarian adalah pola gaya hidup yang tidak mengonsumsi daging hewan apa pun seperti daging, unggas, atau ikan. Ciri-ciri orang vegetarian sangat mencolok, satu di antaranya adalah menghindari konsumsi jenis makanan tertentu.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang memilih menjadi vegetarian, mulai dari kepedulian terhadap kesehatan sampai lingkungan. Jenis vegetarian pun juga sangat beragam, lho!

Apa saja macam-macam vegetarian yang ada? Tasty Snack akan mengulas apa saja jenis vegetarian yang perlu kamu ketahui. 

1. Lacto-ovo Vegetarian 

lacto ovo vegetarian

Jenis vegetarian ini paling umum di antara semua jenis vegetarian. Seorang lacto-ovo vegetarian akan menghindari konsumsi daging, ikan, dan unggas.

Namun, mereka masih mengonsumsi produk susu, telur, dan turunannya seperti keju dan yoghurt. Oleh karena itu, asupan protein nabati dan hewani masih dapat diperoleh melalui sumber makanan yang berbeda. 

2. Lacto Vegetarian 

lacto vegetarian

Lacto vegetarian hampir serupa dengan lacto-ovo vegetarian. Hanya saja, orang yang menjalani lacto vegetarian tidak mengonsumsi telur. Sebagai gantinya, lacto vegetarian masih mengonsumsi produk susu dan turunannya.

Sebagian besar orang yang memilih jenis vegetarian ini biasanya dikarenakan atas kekhawatiran tentang produksi telur atau karena memiliki alergi telur. 

3. Ovo Vegetarian 

Selanjutnya, ada jenis ovo vegetarian yang tidak memperbolehkan konsumsi produk susu dan turunannya. Sementara konsumsi telur justru masih diperbolehkan.

Umumnya orang yang memilih pola hidup ovo vegetarian dikarenakan alergi dengan produk mengandung susu atau mengalami intoleransi laktosa.

Mengonsumsi susu justru bisa mengakibatkan diare bagi penderita intoleransi laktosa serta alergi susu. 

4. Vegan 

vegan

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang apa arti vegan. Vegan adalah pola makan yang tidak memperbolehkan konsumsi semua produk hewani, termasuk daging, ikan, unggas, telur, produk susu, madu, dan bahkan gelatin yang berasal dari tulang dan kulit binatang.

Dapat dikatakan bahwa vegan adalah jenis vegetarian yang paling ketat.

Suplai protein ke dalam tubuh seorang vegan berasal dari tumbuhan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan. Meskipun cukup ketat, gaya hidup vegan tetap dipilih oleh banyak orang.

Terbukti dari riset yang menyatakan bahwa jumlah orang yang mengikuti gerakan vegan naik sekitar 350 persen dalam satu dekade terakhir. 

5. Pescetarian 

pescetarian

Pescetarian tidak sepenuhnya vegetarian karena masih mengonsumsi daging ikan dan makanan laut lainnya. Meskipun ikan adalah sumber protein hewani, pescetarian tetap wajib menghindari daging merah dan unggas.

Pola makan ini disebut juga dengan pesco-vegetarian. 

6. Pollotarian 

pollotarian

Lain halnya dengan pollotarian, jenis vegetarian yang satu ini tidak mengharuskanmu untuk menghindari daging unggas, tetapi kamu tidak diperkenankan untuk mengonsumsi daging merah.

Istilah pollotarian diambil dari kata “pollo” dalam bahasa Spanyol dan Itali yang berarti ayam. Mulai menjadi seorang pollotarian dapat digunakan sebagai langkah awal bagi orang yang ingin menjadi vegetarian namun belum siap untuk mengubah gaya hidup sepenuhnya. 

7. Fleksitarian 

Fleksitarian adalah jenis vegetarian lainnya yang lebih longgar. Pola tersebut bisa dilihat secara jelas dari namanya yang tersusun dari dua kata, yakni flexi yang artinya fleksibel dan vegetarian.

Fleksitarian boleh memakan daging, ikan, dan unggas dengan catatan dalam porsi sedikit dan tidak terlalu sering.

Mengurangi konsumsi daging sendiri mempunyai berbagai manfaat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pola hidup fleksitarian mampu mengurangi risiko diabetes.

Ada banyak jenis vegetarian yang berbeda dan masing-masing memiliki preferensi makanan yang berbeda-beda. Apapun pola makan yang kamu jalani, penting untuk memastikan bahwa kamu tetap mengonsumsi makanan dengan seimbang dan cukup gizi.

Kamu juga tidak perlu bingung cemilan seperti apa yang bisa dikonsumsi apabila memilih salah satu jenis vegetarian di atas. Sebab, Tasty Snack menyediakan berbagai snack vegan dan snack vegetarian yang bisa kamu pilih.

Itulah ulasan singkat mengenai jenis vegetarian serta aturan makan dan pantangannya. Apakah kamu tertarik untuk menjadi vegetarian? Semoga ulasan di atas dapat memberi wawasan baru dan membantumu.