Lapar Tengah Malam? 12 Camilan Malam Hari ini Gak Bikin Gemuk! – Tasty Snack Indonesia

Lapar Tengah Malam? 12 Camilan Malam Hari ini Gak Bikin Gemuk!

Pernah terbangun tengah malam karena lapar atau tidak bisa tidur karena perut keroncongan? Butuh asupan tenaga ketika kamu begadang? Pasti hal pertama yang kamu lakukan adalah mencari cemilan. Namun, kamu pasti cemilan apa yang aman kamu konsumsi di malam hari. Eits, tenang saja! Tasty Snack punya daftar camilan malam hari yang gak akan bikin kamu gemuk meskipun dimakan pas tengah malam. 

Penasaran apa saja cemilan yang termasuk snack sehat ini? Check it out!

1. Sereal dan Susu

Cemilan malam pertama yang mengenyangkan dan aman dimakan adalah campuran sereal dan susu. Kalau biasanya sereal jadi menu sarapan, cemilan sehat ini adalah pilihan cerdas untuk membantu kamu tidur lebih cepat di malam hari.

Tapi kalau kamu takut mulas karena gak biasa makan berat di malam hari, pastikan makan sereal dalam porsi kecil. Pilihlah sereal yang mengandung minimal 3 gram serat dan tidak lebih dari 10 gram gula per sajiannya. Jangan lupa juga untuk menggunakan susu skim untuk campuran sereal  agar asupan kalori yang masuk lebih rendah. Kandungan kalsium dalam susu juga membantu proses produksi hormon melatonin. Perut kenyang, tidur lebih cepat deh!

2. Semangkuk Buah Berry

Butuh cemilan manis dan sehat? Makan semangkuk buah berry yang kaya serat bisa membuat kamu cepat kenyang. Selain serat, buah berry juga mengandung magnesium yang mampu membuat saraf dan otot rileks sehingga kamu lebih cepat mengantuk. 

Sekarang sudah ada cemilan dari buah berry dan granola yang praktis, dengan rasa yang enak dan juga sehat lho. Kamu harus sedia Verlin – Mixed Berry Clusters di rumah untuk cemilan malam kamu saat lapar melanda. Crunchy granola dengan perpaduan manis dan gurih yang siap memanjakan lidah dan perutmu tanpa takut jadi gemuk. Happy snacking!

3. Telur Rebus

Siapa bilang telur hanya untuk teman makan berat? Telur bisa dijadikan camilan untuk malam hari karena punya banyak manfaat. Satu butir telur rebus besar mengandung 72 kalori, 6 gram protein dan 83 mg triptofan. 

Dengan berbagai manfaat ini, maka tak heran jika telur rebus bisa menjadi ‘bala bantuan’ saat lapar menyerang di tengah malam. Tidak perlu repot-repot untuk menyiapkannya. Kamu cukup rebus telur dan simpan dalam kulkas. Ketika kamu lapar, kamu tinggal ambil dari kulkas, deh! Mudah dan praktis bukan?

4. Keju dan Crackers

Lapar tengah malam tapi mau cemilan yang gurih atau asin? Rupanya, keju dan crackers adalah camilan sehat yang enak dimakan malam hari, lho! Pilihlah crackers berbahan gandum utuh. 

Namun, jangan makan keju dalam porsi besar, karena kalori dan lemak dalam keju cukup tinggi. Kamu yang sedang menjalani diet bisa memilih keju cheddar low-fat dibandingkan keju jenis lain. Kalau kamu masih merasa lapar, tambahkanlah beberapa buah anggur segar, irisan apel, atau sayuran segar.

5. Yogurt dan Buah 

Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik dan ‘obat tidur’ yang paling ampuh buat kamu yang sulit tidur nyenyak. Pastikan untuk membeli yogurt yang rendah gula dan kalori. Pilih varian plain yogurt, lalu tambahkan buah berry, kacang cincang atau madu supaya cemilan kamu tidak hambar.

Tapi kalau mau yang praktis, kamu bisa sedia Triko – Frugurt saja di rumah. Campuran fruit jelly dan yogurt dengan 3 pilihan rasa: stroberi, blueberry, jeruk mandarin. Hati-hati nanti bikin ketagihan!

6. Pisang 

Tahukah kamu kalau makan dua buah pisang dapat meningkatkan kadar hormon melatonin lebih dari 4 kali lipat dalam 2 jam setelah makan? Pisang adalah salah satu buah yang kaya serotonin yang diubah tubuh menjadi melatonin. Semakin tinggi hormon melatonin dalam tubuh kamu, maka tidur kamu pun akan semakin nyenyak. Mau buktikan sendiri? Hati-hati nanti kamu ngantuk lho!

7. Kiwi

Siapa yang tak kenal kiwi? Buah rasa manis-asam ini, selain bergizi juga bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak lho. Selain pisang, kiwi adalah salah satu dari sedikit buah yang mengandung serotonin, memiliki efek relaksasi dan dapat membantu kamu tertidur lebih cepat.

Kiwi juga bisa mengurangi nafsu makan, jadi gak salah kalau kiwi dinobatkan sebagai cemilan malam yang gak akan bikin kamu gemuk. Tapi kalau kamu tidak sempat stok kiwi segar, kamu cukup sedia cemilan dried fruit dari buah kiwi yaitu Tyu – Kiwi Chewy Fruit saja! 100% terbuat dari buah kiwi segar, tanpa tambahan gula maupun pengawet. Manis-asam segarnya bikin kamu gak berhenti ngunyah! 

8. Salad Sayuran 

Ngemil salad sayuran di malam hari? Siapa takut! Kombinasi berbagai macam sayuran segar seperti wortel, selada, jagung, seledri, brokoli, mentimun, seledri, bayam, dan tomat ceri bisa meredakan rasa laparmu di malam hari. Upgrade rasanya dengan menambahkan saus keju rendah lemak atau Greek yogurt.

9. Edamame 

Mau cemilan malam yang simple? Stok edamame saja di rumah. Di pasaran, kamu bisa membeli edamame segar atau frozen. Untuk edamame segar, kamu hanya perlu merebusnya sebentar, lalu bisa tambahkan sedikit garam dan merica. Kandungan asam amino triptofan di dalam edamame bisa bikin kamu cepat kenyang dan mengantuk deh!

10. Oatmeal

Terbangun tengah malam saat cuaca dingin, paling pas makan makanan yang hangat. Semangkuk oatmeal bisa membantumu cepat tertidur. Oatmeal adalah sumber serat yang baik, salah satunya beta-glucan, yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

11. Pistachio

pistachio

Siapa yang tidak kenal dengan jenis kacang yang satu ini? Pistachio adalah camilan di malam hari yang patut kamu coba apabila kamu suka ngemil kacang-kacangan. Dalam segenggam atau 28 gram pistachio mengandung 160 kalori dan 6,5 mg melatonin. Seperti yang kita tahu, melatonin adalah zat yang mampu mendorong otak untuk tertidur. Jadi, tidurmu pun juga pasti semakin nyenyak.

12. Popcorn

popcorn

Siapa sangka snack yang biasa dikonsumsi ketika menonton film ini bisa dijadikan camilan malam hari yang sehat? 3 cup popcorn yang dimasak tanpa butter dan penambah rasa mengandung 4 gram serat dan kandungan kalorinya pun masih di bawah 100 kalori. Sehingga, kamu bisa ngemil tenang tanpa takut berat badan bertambah. 

Ternyata cemilan malam hari gak harus ribet, ya! Selama kamu memperhatikan kandungan dari cemilan yang kamu konsumsi, maka kamu bisa tetap tenang ngemil tanpa khawatir. Ada banyak snack sehat dan enak yang dapat kamu pilih untuk menemanimu beraktivitas. Simple, delicious and healthy, kamu bisa temukan semua di Tasty Snack Indonesia!