MAKANAN DAN MINUMAN FAVORIT RATU ELIZABETH II SEPANJANG MASA

MAKANAN DAN MINUMAN FAVORIT RATU ELIZABETH II SEPANJANG MASA

Pemerintahan Ratu Elizabeth II sudah berlangsung selama tujuh dekade, maka tak heran banyak orang dari berbagai penjuru dunia ikut berduka atas kepergiannya. Penampilan mendiang Ratu Elizabeth II semasa hidupnya selalu menjadi sorotan, karena ia adalah sosok yang dikenal hidup sehat.

Kebiasaan makannya pun menjadi pembicaraan banyak orang dan mantan koki Buckingham Palace, Darren McGrady, membagikan makanan dan minuman favorit sang ratu selama hidupnya kepada publik lewat bukunya yang berjudul Eating Royally: Recipes and Remembrances from a Palace Kitchen. Yuk intip apa saja makanan dan minuman favorit Ratu Elizabeth II!

 

Kellogg’s Corn Flake

Sumber: Kellogg’s Away From Home

Kecintaan ratu terhadap sereal ternyata sudah berlangsung sejak lama. Setiap pagi, Ratu Elizabeth selalu mengonsumsi corn flake sambil menikmati secangkir teh. Sereal favorit ratu cukup sederhana yaitu adalah Kellogg’s Special K dan Corn Flake. Karena menjadi makanan favorit sang ratu, Kellogg’s sendiri sudah mendapatkan sertifikat Royal Warrant selama beberapa dekade. Bahkan sejak tahun 1980-an, Kellogg menggunakan van antik bernama Genevieve untuk mengantarkan sereal ke Istana Buckingham.

Untuk memperingati 70 tahun masa pemerintahan Ratu Elizabeth II, Kellogg's menciptakan sereal termahal di dunia yang diberi nama 'Queen Flakes'. Sereal edisi terbatas yang terdiri dari sereal favorit Ratu: Special K dan Corn Flakes, didekorasi dengan daun emas, serta berlian, mutiara, dan kacang macadamia pilihannya, yang semuanya bisa dimakan lho. Wow!

 

Gin and Dubonnet Cocktail

Sumber: Insider

Ratu Elizabeth II sangat menyukai gin. Gin adalah minuman beralkohol yang dibuat dari hasil fermentasi serealia yang diberi aroma buah juniper dan melalui proses distilasi. Karena selera ratu terhadap gin begitu kuat, maka dia tidak membeli gin tapi membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang dihasilkan oleh kebunnya di Istana Buckingham dan Sandringham House.

 

Teh Earl Grey

Sumber: Mashed.com

Sang ratu selalu memulai hari dengan seteko teh Earl Grey, teh hitam tradisional yang ia minum dengan susu dan tanpa gula. Aroma jeruk dan bergamot yang khas pada teh earl grey membuat ratu jatuh cinta dan menjadikan hidangan teh terpopuler kelima di dunia. Merek teh favoritnya adalah Twinings & Co., sebuah perusahaan teh berusia 300 tahun yang memiliki Surat Perintah Kerajaan sejak pemerintahan Ratu Victoria (1819-1901). Tentu saja, sang ratu lebih suka menyeduh teh dengan cara tradisional. Ada yang pernah coba teh favorit Ratu Elizabeth ini?

 

Jam Pennies

Sumber: Lavender & Lovage

Di Inggris ada tradisi ‘afternoon tea’ yang sudah berlangsung sejak awal tahun 1840-an dan selalu dilakukan oleh Ratu Elizabeth II. Biasanya saat menikmati teh, sang ratu juga diberikan cemilan seperti finger sandwich, dessert manis seperti cake dan pastry, serta scone. Nah diantara banyak cemilan yang disajikan saat afternoon tea, ratu sangat menyukai sandwich manis yang disebut jam pennies.

Sesuai dengan namanya, ukurannya kecil dan bentuknya bulat seperti uang logam Inggris kuno. Sekilas tidak ada yang spesial, hanya sandwich yang terdiri dari roti, yang diberi sedikit mentega dan selai stroberi, lalu dipotong bulat. Cemilan sederhana ini adalah favorit ratu semasa hidupnya, yang sudah ia nikmati setiap hari sejak berusia lima tahun.

 

Burger Daging Rusa

Sumber: bradleysmooker.com

Menu makan malam Ratu Elizabeth II layaknya orang pada umumnya, kecuali ia sedang menjamu tamu istimewa atau mengadakan acara. Sang ratu tidak menyukai makanan cepat saji, namun ia sangat menyukai burger. Yang unik adalah ia menyantap burger tanpa rotinya dan daging favoritnya untuk dijadikan burger adalah daging rusa segar hasil berburu. Ia menikmatinya layaknya sedang menyantap steak, dengan garpu dan pisau dan sedikit toping buah berry.

 

Chocolate Biscuit Cake

Sumber: Dailymail UK

Ratu Elizabeth II dikenal sangat menyukai makanan manis, terutama coklat. Makanan penutup favoritnya adalah Chocolate Biscuit Cake, yang juga disajikan saat pesta pernikahan Pangeran William. Kue ini adalah santapan favorit saat menikmati afternoon tea. Sang ratu bisa menyantapnya sampai habis dan menjadi kue favorit Pangeran William juga.

 

Bendicks Bittermint

Sumber: Amazon

Meskipun Ratu Elizabeth II adalah pecinta coklat, bukan berarti mengonsumsi sembarang coklat. Ratu hanya mengonsumsi dark chocolate mengandung minimal 60 persen kakao dan semakin gelap warnanya semakin bagus. Salah satu merek coklat favoritnya untuk teman ngemil adalah Bendicks Bittermint. Tidak heran jika sang ratu menyukainya karena mengandung 95 persen dark chocolate fondant sehingga rasanya pahit. Diisi dengan mint yang memberikan rasa yang sangat kuat. Bahkan Bendicks mendapatkan Royal Warrant pada tahun 1962 dan menjadi merek coklat yang rutin dibeli oleh pihak istana khusus untuk sang ratu.


Mau merasakan makanan buatan Inggris? Gak usah jauh-jauh kesana. Karena Tasty Snack punya cemilan yang diimpor langsung  dari Inggris yaitu Olly’s Pretzel dengan banyak varian rasa, mulai dari yang original, rasa keju, sampai yang pedas. Snack berbentuk pretzel yang super tipis dan renyah ini enak dan rendah kalori. Jadi buat kamu yang lagi cari cemilan sehat ala Ratu Elizabeth II, cus langsung order di www.tastysnack.id ya!