Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Berbuka Puasa dan Sahur – Tasty Snack Indonesia

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Apa yang kita makan atau pilih untuk tidak dimakan selama Ramadhan memberikan perbedaan besar pada stamina kita sepanjang hari. Setelah berpuasa seharian, sering kali ada godaan untuk makan berlebihan dan minum minuman manis saat buka puasa dan sahur, tetapi tindakan ini  bisa merugikan diri sendiri lho.

Menurut pakar diet klinis di RS Burjeel Abu Dhabi, Rahma Ali, makanan untuk buka puasa dan sahur harus seimbang dan mengandung item dari setiap kelompok makanan, seperti sayuran, sereal, daging, produk susu, dan buah. Menurutnya, penting untuk memiliki pengendalian diri saat melihat banyaknya makanan yang menggugah selera.

Mengutip dari The Jakarta Post, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari, baik saat berbuka puasa maupun saat sahur.


1 | Soft Drink

Hindari minum minuman olahan dan minuman berkarbonasi, yang biasanya tinggi gula, yang meningkatkan risiko kelebihan berat badan atau obesitas, menyebabkan kembung dan kelebihan gas, sertamenyebabkan gangguan pencernaan. Alangkah baiknya jika berbuka puasa atau sahur dengan air putih atau air kelapa untuk memuaskan dahaga kamu.


2 | Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula seperti permen dan coklat harus dihindari karena mengandung sangat sedikit kandungan gizi, sebaliknya justru tinggi kalori. Makanan tinggi gula bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi setiap hari.

Kalaupun ingin makan atau minum yang manis-manis, pilihlah minuman yang hanya mengandung sukrosa. Karena minuman seperti teh dengan gula saja tidak cukup untuk mengembalikan energi yang hilang, untuk itu tubuh juga membutuhkan glukosa dan fruktosa. Alangkah baiknya jika kamu mengonsumsi kurma karena mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, serta banyak serat, kalium dan vitamin A. Untuk minumannya, kamu bisa minum jus mangga, pisang atau pepaya tanpa tambahan gula ya!

Kamu bisa cek 10 Cemilan Rendah Gula lainnya untuk pilihan stok cemilan berbuka puasa kamu. Hati senang, perut pun tenang!


3 | Gorengan

Makanan berminyak atau yang digoreng, seperti gorengan dan kuah kari, harus dihindari karena mengandung lemak dan disimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Makan makanan berlemak setelah berjam-jam puasa bisa menyebabkan asam lambung naik dan gangguan pencernaan.

Makanan jenis ini juga akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras dan membuat tubuh jadi mudah lelah. Jika kamu benar-benar ingin mengonsumsi gorengan, makanlah hanya saat makan malam dan bukan saat berbuka puasa maupun sahur.


4 | Makanan Pedas

Sebaiknya hindari konsumsi makanan atau minuman pemicu naiknya asam lambung saat sahur atau buka puasa, misalnya makanan pedas. Kandungan capsaicin dalam cabai bisa merangsang BAB dan bagi orang yang berpuasa seharian dan mendadak makan makanan pedas, lambungnya tidak akan siap dan berakhir diare.


5 | Makanan yang Terlalu Asin

Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh membuat kita sangat haus saat berpuasa, jadi usahakan untuk menghindari makanan asin atau banyak ‘micin’-nya ya Snackmate. Makanan asin bisa membuat tubuh menahan cairan dan efeknya kita mudah kembung karena merasa haus terus. Sebaiknya hindari makan makanan asin saat sahur dan berbuka puasa ya!


6 | Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein bisa menyebabkan insomnia dan rasa gelisah. Contohnya saja kopi, teh hijau dan minuman berenergi adalah beberapa minuman yang memiliki kandungan kafein cukup tinggi. Hindari meminumnya saat sahur karena tidak bisa menghidrasi tubuh. Efeknya kamu akan merasa haus sepanjang hari.

Akan tetapi kalau kamu lagi mau minum teh, kamu bisa cobain Nittoh Royal Milk Tea Decaf. Produk milk tea dari Jepang ini mengandung sangat sedikit kafein. Rasa manis alami tanpa tambahan penguat rasa, sehingga aman untuk diminum saat berbuka puasa. Dikonsumsi saat makan malam, bisa bikin tidur jadi lebih nyenyak lho.  Kamu juga bisa tambahkan es batu supaya lebih segar ya!



Ramadhan memang merupakan waktu yang spesial sekali dalam setahun dan puasa adalah bagian penting dari bulan suci ini. Sesuai informasi di atas, puasa bisa memberikan manfaat selama kita bijak dalam memilih apa yang akan kita makan dan minum. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa!