Rekomendasi Makanan Praktis dan Mengenyangkan Untuk Sahur – Tasty Snack Indonesia

Rekomendasi Makanan Praktis dan Mengenyangkan Untuk Sahur

Ramadhan dianggap sebagai bulan paling suci bagi umat Muslim. Mereka berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Sahur dan berbuka puasa adalah dua momen yang hanya ada selama bulan Ramadhan, jadi begitu sangat dinantikan dan harus dipersiapkan dengan baik.

Sahur adalah waktu makan terpenting untuk mengawali puasa, karena apa yang kita makan harus bisa membuat stamina kita kuat sepanjang hari. Makanan yang dipilih pun harus memiliki nutrisi yang dibutuhkan, jadi penting untuk membuat pilihan yang tepat saat sahur. Berikut adalah beberapa makanan praktis dan mengenyangkan untuk sahur yang akan membantu kamu tetap terhidrasi dan berenergi sepanjang hari.


Telur

Telur dianggap sebagai sumber protein dan vitamin D yang sehat. Mengutip dari tulisan Harvard School of Public Health, meski dihindari oleh beberapa orang karena kandungan kolesterolnya yang tinggi, namun kolesterol dalam makanan memiliki dampak yang lebih kecil pada kadar kolesterol darah daripada lemak jenuh misalnya dan orang yang memiliki kadar kolesterol darah tinggi tetap diperbolehkan mengonsumsi telur, namun dibatasi maksimal 2 butir telur seminggu.

Tak harus makan nasi, karena ternyata makan telur saja bisa membuat kita merasa kenyang lho. Ada banyak cara makan telur yang praktis untuk sahur. Kamu bisa membuat telur dadar dicampur sayuran dan makan bersama roti panggang. Kamu juga bisa membuat telur orak-arik atau telur rebus, lalu mencampurnya dengan salad sayuran atau selai kacang. Bahkan sekarang ada yang makan telur rebus dengan alpukat juga lho! Pernah coba?


Oatmeal

Oat adalah sumber serat yang memperlambat pelepasan energi, membuat kita kenyang lebih lama. Makanan kaya protein ini tidak hanya memiliki satu, tapi banyak manfaat. Kamu bisa membuat smoothie oatmeal yang dicampur pisang dan susu, rasanya lebih enak, gurih dan pastinya mengenyangkan. Membuat oatmeal tidak butuh waktu lama, cukup 15 menit saja! Kamu bisa tambahkan sedikit madu, campurkan beberapa buah kering untuk rasa manis yang segar.


Smoothie Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran kaya akan mineral dan vitamin yang membantu kita tetap berstamina meskipun sedang berpuasa. Keduanya adalah pelengkap air putih untuk membantu kita tetap terhidrasi. Beberapa buah dan sayuran yang memiliki banyak kandungan air adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, dan seledri.

Makanan praktis untuk sahur yang bisa dibuat dari buah dan sayuran diantaranya salad dan smoothie. Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan gulanya. Untuk membuat smoothie sehat untuk sahur, hindari menggunakan gula,  sebagai gantinya kamu bisa menambahkan chia seed, yogurt, buah kering, dan es lalu haluskan. Hasilnya smoothie yang kaya akan Omega-3, serat, dan protein sekaligus menjaga keseimbangan gula darah kamu.


Kacang

Kalau kamu benar-benar tak sempat masak atau bangun terlalu dekat imsak, solusinya adalah makan kacang. Meskipun cuma makan sedikit, kacang bisa membuat kamu kenyang lho! Kamu bisa makan kacang jenis apapun, namun yang harus diingat harus dibarengi dengan susu hangat. Kombinasi keduanya sangat bagus untuk membuatmu tahan puasa seharian.

Ada banyak jenis kacang yang bisa kamu pesan di Tasty Snack untuk stok sahur, misalnya saja kacang mete dari East Bali Cashews atau kacang almond Korea HBAF dengan banyak varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera.


Yogurt

Mau yang manis-manis tapi praktis untuk sahur? Jawabannya adalah yogurt. Kamu hanya perlu waktu beberapa menit saja untuk menyiapkannya. Pastikan untuk memilih topping yang mengenyangkan, misalnya buah-buahan seperti berry dan granola. Kamu juga bisa menambahkan buah kering dari Forager Fruits dan snack granola dari Amazin Graze. Dijamin sahurmu gak akan mengecewakan!

 

 

Ingatlah bahwa saat melahap makanan sahur, hindari terburu-buru saat mengunyah dan fokus pada makanan, tidak melakukan aktivitas lain saat makan, maka kamu akan merasa kenyang untuk jangka waktu yang lama. Menu sahur dengan gizi seimbang juga akan membuat kamu merasa berenergi dan membantu mengurangi rasa lapar dan haus di siang hari. Selamat berpuasa!