Ini Dia Manfaat Makanan Manis yang Jarang Kamu Ketahui – Tasty Snack Indonesia

Ini Dia Manfaat Makanan Manis yang Jarang Kamu Ketahui

Makanan manis memang sering dianggap sebagai makanan yang tidak sehat karena tingginya kandungan gula. Namun ternyata makanan manis juga memiliki manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Lantas, apa saja manfaat makanan manis yang perlu diketahui? Simak bersama ulasan manfaat makanan manis bagi tubuh dari Tasty Snack!

1. Memberikan Asupan Energi 

manfaat mengonsumsi makanan manis

Makanan manis memiliki kandungan glukosa. Fungsi glukosa bagi tubuh sendiri adalah menghasilkan energi. Sel dalam tubuh akan menggunakan glukosa serta asam amino dan lemak untuk memproduksi energi dalam aktivitas harian.

Seseorang langsung merasa lemas apabila asupan makanan manis dalam tubuh terlalu rendah. Jika tubuh sudah tidak lagi aktif beraktivitas , maka secara otomatis tubuh akan menyimpannya dan menggunakan glukosa kembali sebagai sumber energi. 

2. Meningkatkan Mood 

meningkatkan mood

Manfaat makan makanan manis berikutnya adalah meningkatkan mood. Konsumsi makanan manis akan meningkatkan dopamin, yakni zat kimia dari otak yang membuatmu merasa tenang dan senang.

Dopamin dalam jumlah normal sangat penting bagi tubuh dan otakmu. Sebab, dopamin akan membantu sel-sel saraf otak untuk mengirim pesan satu sama lain. Dari dopamin pula kamu akan merasa termotivasi serta puas terhadap pencapaian yang kamu raih. 

3. Menjaga Konsentrasi 

menjaga konsentrasi

Tahukah kamu jika glukosa dari makanan manis dapat membantu meningkatkan konsentrasi? Glukosa merupakan sumber bahan bakar utama otak untuk tetap bekerja dengan baik dalam memproses informasi. Tanpa asupan glukosa yang cukup, otakmu tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi makanan yang manis-manis juga memiliki risiko bagi kesehatan. Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan manis dalam jumlah yang tepat dan seimbang dengan makanan sehat lainnya.

Kini kamu sudah tahu bahwa manfaat makanan manis bisa memudahkan keseharianmu, bukan? Tasty Snack punya koleksi snack manis yang bisa kamu lirik, nih! Nikmati berbagai macam cemilan manis dari dalam negeri dan Asia dengan rasa yang anti-mainstream. Kamu bisa mengonsumsi cemilan manis ini di berbagai situasi, baik saat santai maupun bekerja. Dijamin bikin kamu gak gampang bosan!