MENGENAL BUAH KERING, SUPERFOOD KAYA GIZI UNTUK SI KECIL

MENGENAL BUAH KERING, SUPERFOOD KAYA GIZI UNTUK SI KECIL

Buah kering atau dried fruit dianggap sebagai sumber nutrisi yang bagus untuk anak-anak, karena dikemas dengan vitamin esensial, mineral, lemak sehat, antioksidan, dan kaya serat. Kandungan nutrisi yang melimpah, rasanya yang enak dan praktis, bukan hanya disukai anak-anak tapi juga orang dewasa seperti kita. Mulai dari kiwi, blueberry hingga goji berry, buah kering adalah cemilan praktis yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti kanker, dan bahkan meningkatkan fungsi kognitif.

Tapi mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana sebenarnya buah kering dibuat? Apa saja manfaatnya sehingga disebut sebagai superfood? Apakah aman untuk anak-anak, terutama anak di bawah lima tahun? Dan bagaimana mengenalkan buah kering pada anak? Tasty Snack akan jawab satu per satu ya!



Bagaimana buah kering dibuat?

Buah kering sudah ada selama ribuan tahun di Mediterania dan Timur Tengah. Kurma adalah salah satu buah kering pertama yang dikonsumsi. Dried fruit bisa dibuat dengan dua cara: mengambil air dari buah dengan cara dijemur atau dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari atau menggunakan mesin khusus yang disebut dehidrator. Karena air dihilangkan selama proses pengeringan, ini artinya gula alami yang terdapat dalam buah terkonsentrasi. Selain kurma, buah kering yang populer ada kismis, plum, buah ara, aprikot, dan buah persik.

 

 

Kapan dan bagaimana mengenalkan buah kering kepada anak?

Buah-buahan dapat dimasukkan ke dalam makanan anak saat ia berusia sekitar 7 hingga 9 bulan, namun masih dalam bentuk pasta atau bubuk untuk menghindari anak tersedak. Buah kering seperti kurma dan plum bisa dipotong kecil-kecil sebelum diberikan sebagai cemilan untuk anak. Anak-anak baru bisa diberikan buah kering utuh setelah usia lima tahun. Namun, tetap harus tetap didampingi untuk memastikan anak mengunyahnya dengan baik.

Buah-buahan kering dapat dikonsumsi kapan saja, namun waktu terbaik adalah di pagi hari bersamaan dengan sarapan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Dengan makan buah kering di pagi hari, dapat membantu memberikan energi lebih dan mengatur tekanan darah.

 

 

MANFAAT MAKAN BUAH KERING UNTUK ANAK-ANAK

Membiasakan anak makan makanan sehat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya secara keseluruhan. Buah-buahan kering sangat kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan untuk anak. Ingin tahu manfaat apa saja yang didapat anak ketika makan buah kering?


Memberikan Pengalaman Baru yang Menyenangkan

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar, sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan anak pada hal-hal yang baik. Mengenalkan anak pada buah kering akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi si kecil. Menambahkan buah-buahan kering ke dalam makanan anak adalah cara terbaik untuk membuat variasi dan memberi stimulasi sensorik pada pengalaman makan anak. Perkenalkan anak dengan berbagai warna, tekstur, dan aroma buah-buahan kering. Dijamin anak pasti semakin nafsu makan!


Makanan Padat Nutrisi

Saat buah dikeringkan, kandungan airnya dihilangkan, maka yang tersisa adalah nutrisi yang melimpah di dalam buah. Buah-buahan kering adalah kumpulan nutrisi yang dikemas dengan cara yang unik sekaligus cerdas. Sebagian besar buah kering mengandung serat dalam jumlah tinggi yang penting dalam mendorong pergerakan usus yang sehat. Dengan mengonsumsi buah kering secara rutin, anak akan terhindar dari masalah pencernaan.


Meningkatkan Kesehatan Otak

Beberapa buah kering memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan otak, seperti kismis dan blueberry yang dapat meningkatkan fungsi kognitif anak. Blueberry dan kismis mengandung banyak zat anti-inflamasi dan antioksidan. Antioksidan memperlambat penuaan otak dan melawan stres oksidatif, yang seringkali menyebabkan penyakit neurodegeneratif. Blueberry juga dikenal dapat meningkatkan daya ingat lho!


Memperkuat Imunitas Anak

Memperkuat sistem kekebalan tubuh sangat penting bagi anak, khususnya bayi. Karena masih sangat muda, sistem kekebalan tubuh mereka belum berkembang dengan baik, sehingga mereka memiliki risiko infeksi yang lebih besar dari orang dewasa. Buah-buahan kering kaya akan nutrisi yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, diantaranya cranberry adalah salah satu buah kering yang kaya vitamin C, nutrisi penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Memperkuat Tulang

Buah-buahan kering seperti buah ara telah terbukti memiliki efek positif dalam menjaga kesehatan tulang. Buah ara tidak hanya memiliki bentuk dan tekstur yang menarik tetapi juga mengandung banyak nutrisi penting. Setengah cangkir buah ara kering mengandung 121 mg kalsium, nutrisi yang banyak dicari di dalam susu. Buah ara adalah pengganti susu terbaik untuk anak yang memiliki alergi laktosa.


Memberikan cemilan sehat untuk anak dapat membantu mereka mengembangkan kebiasaan makan yang baik di sepanjang hidupnya. Buah-buahan kering adalah pilihan cemilan anak yang tidak hanya enak tapi juga bergizi. So, tunggu apa lagi? Segera stok buah kering untuk snack sehat di rumah! Gak perlu lagi bingung cari dimana, cukup klik disini dan pilih varian snack buah kering favoritmu!