TAK BISA MAKAN GULA, INI 5 PEMANIS ALAMI PENGGANTI GULA TERBAIK

TAK BISA MAKAN GULA, INI 5 PEMANIS ALAMI PENGGANTI GULA TERBAIK

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), 28,7% orang Indonesia mengonsumsi Gula Garam Lemak (GGL) melebihi batas yang dianjurkan. Khususnya gula pasir, Badan Pusat Statistik mencatat sepanjang tahun 2021, orang Indonesia mampu menghabiskan 1,1 kg gula pasir per minggu. Konsumsi gula yang tinggi dibarengi dengan semakin banyaknya produk makanan yang menggunakan pemanis buatan.

Sayangnya, pemanis buatan ini memiliki lebih banyak efek samping daripada pemanis alami, misalnya sakit kepala, pencernaan, hingga gangguan mood. Terlebih untuk penderita diabetes, konsumsi gula harus sangat dibatasi, sehingga pemilihan pengganti gula yang sehat itu sangat penting.

 


Salah satu pengganti gula terbaik adalah pemanis alami. Manfaat pemanis alami pun berbeda-beda, tetapi ada satu kesamaan dari semua yaitu mereka berasal dari alam. Beberapa diantaranya mengandung kalori dan beberapa nutrisi, sisanya bahkan tidak mengandung kalori atau nutrisi sama sekali. Kira-kira apa saja ya pemanis alami yang bagus untuk pengganti gula? Yuk kita bahas satu per satu!

 

 

MADU MENTAH

Madu mentah adalah salah satu pemanis alami terbaik. Mengandung enzim, antioksidan, zat besi, seng, kalium, kalsium, fosfor, vitamin B6, riboflavin dan niacin. Semua nutrisi penting ini membantu menetralkan radikal bebas sambil mendorong pertumbuhan bakteri sehat di saluran pencernaan. Bahkan satu sendok makan madu mentah memiliki kandungan glikemik lebih kecil daripada satu buah pisang. Sayangnya, setelah dipasteurisasi, madu kehilangan banyak manfaatnya, jadi pilihlah  madu mentah atau lokal yang langsung diambil dari peternak lebah.

Semakin gelap warna madu, semakin kaya rasanya dan semakin besar manfaat nutrisinya. Namun, jangan pernah memasak atau memanggangnya dengan suhu tinggi, karena bisa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. Kamu juga bisa kombinasikan dengan sereal untuk sarapan, roti gandum, yogurt atau untuk saus salad.

Banyak pula yang suka mencampur madu dengan teh, padahal madu bisa juga kamu gunakan sebagai pemanis alami untuk kopi. Namun sebaiknya tunggu sampai teh atau kopi cukup hangat, baru tambahkan madu secukupnya.

 

 

STEVIA

Stevia berasal dari Amerika Selatan dan telah digunakan disana sebagai pengganti gula selama ratusan tahun. Mereka percaya mengonsumsi stevia bisa menjaga kadar gula darah yang sehat dan menurunkan berat badan yang cepat. Stevioside adalah unsur dalam daun yang membuatnya >200 kali lebih manis dari gula.

Stevia tidak mengandung kalori, karbohidrat dan tidak punya efek samping buruk seperti pada pemanis buatan. Untuk penderita diabetes, stevia merupakan rekomendasi pengganti gula terbaik dan sangat disarankan juga untuk orang-orang yang mengikuti diet ketogenik.

Tidak seperti madu mentah, stevia tahan suhu tinggi, jadi bisa kamu gunakan dalam bentuk panas maupun dingin. Ingat, karena manisnya 200 kali lipat dari gula, jangan samakan seperti saat menggunakan gula biasa ya!

 

KURMA

Kurma mengandung potasium, tembaga, besi, mangan, magnesium dan vitamin B6. Kurma juga mudah dicerna dan membantu metabolisme protein, lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa studi juga telah dilakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa kurma dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan dapat mengurangi risiko stroke.

Kurma bisa dinikmati langsung atau dijadikan pasta atau selai agar bisa dicampur dengan makanan lain. Cara membuat selai kurma pun mudah. Cukup rendam kurma dalam air panas sampai lunak, lalu blender hingga halus. Tambahkan lebih banyak air sesuai kebutuhan untuk membuat selai yang kental dan kaya rasa. Selai kurma bisa kamu gunakan untuk mempermanis muffin dan pai favorit kamu. 

 

 

GULA KELAPA

Bukan rahasia lagi jika kelapa memiliki banyak manfaat, mulai dari airnya, santan, tepung bahkan sampai buah kelapanya sendiri. Saat ini, semakin banyak pula yang memilih menggunakan gula kelapa sebagai pemanis alami karena kandungan glikemiknya yang rendah dan kaya kandungan mineral.

Gula kelapa diekstraksi dari pelepah kelapa, lalu dipanaskan dan melalui proses penguapan. Selain gula kelapa, gula kurma (terbuat dari kurma kering) sering digunakan secara bergantian karena memiliki rasa yang serupa. Keduanya adalah pengganti gula yang cocok digunakan untuk memanggang.

 

 

SIRUP MAPLE

Meskipun memakan waktu, pemrosesan sirup maple hanya membutuhkan empat langkah: melubangi pohon dengan bor; memasang ember untuk menampung getah; merebus getah untuk menguapkan airnya; lalu menyaringnya.

Sirup maple berasal dari Amerika Utara dan merupakan salah satu pengganti gula alami terbaik karena kaya kandungan mangan, serta mengandung kalsium, kalium, dan seng. Kaya antioksidan, pemanis alami ini membantu menetralisir radikal bebas dan mengurangi kerusakan oksidatif. Sirup maple juga tahan suhu tinggi, jadi kamu bisa menggunakannya hampir di semua resep, sebagai campuran bahan makanan, topping waffle atau lapisan saus untuk memanggang.


Kamu cari snack low sugar yang menggunakan pemanis alami? Kamu bisa temukan banyak snack sehat yang aman untuk penderita diabetes disini. Rasanya enak, manis dan aman dikonsumsi untuk semua usia. Happy sweet snacking!