MINUM TEH, TRADISI YANG SELALU ADA SAAT IMLEK – Tasty Snack Indonesia

MINUM TEH, TRADISI YANG SELALU ADA SAAT IMLEK

Tahun Baru Imlek adalah perayaan tahunan yang selalu dimanfaatkan sebagai momen reuni antar anggota keluarga. Teh adalah bagian penting dari budaya Tionghoa, terutama selama Tahun Baru Imlek. Dengan pilihan teh yang beragam, masing-masing teh memiliki makna simbolis yang masih dipercaya hingga saat ini.

Sejak dulu, teh bukan hanya dikaitkan dengan seni dan sastra, tapi juga kesehatan. Dalam budaya Tionghoa, teh adalah bentuk penghormatan, contohnya saat generasi yang lebih muda menawarkan secangkir teh kepada generasi yang lebih tua selama acara perayaan, seperti Tahun Baru Imlek dan festival Qing Ming. Selain itu, minum teh bersama juga merupakan simbol penyatuan dua keluarga yang sering terjadi selama upacara minum teh pada acara pernikahan.



TRADISI MINUM TEH SAAT IMLEK

Ada beberapa tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa saat Tahun Baru Imlek. Pada pagi hari pertama tahun baru, para sesepuh, biasanya kakek dan nenek, akan duduk di kursi yang saling berdampingan. Kemudian para anak dan cucu akan membungkuk dan menawarkan mereka secangkir teh sebagai bentuk penghormatan. Selama upacara ini, semua orang mengenakan pakaian baru dan rapi.

Sambil memberikan secangkir teh, para anak dan cucu juga membacakan beberapa harapan dan do’a baik kepada generasi yang lebih tua sebagai simbol keberuntungan. Sebagai imbalannya, para orang tua harus memberikan angpao kepada generasi yang lebih muda dan do’a baik juga.

Saat menyajikan teh, berikan teh ketika suhunya sudah hangat.  Selain itu, terkadang teh diberikan bisa sampai tiga kali. Teh kedua dan ketiga diberikan kepada orang tua sebagai simbol keberuntungan dan tahun kemakmuran.

 

PILIHAN TEH DALAM BUDAYA TIONGHOA

Ada banyak jenis teh dalam budaya Tionghoa. Setiap teh memiliki manfaat yang berbeda dan masing-masing disajikan dengan tujuan yang berbeda. Ada enam jenis teh yang digunakan dalam tradisi Tionghoa, diantaranya yaitu teh hijau, black tea, teh Oolong, teh putih, teh kuning, dan dark tea. Umumnya, jenis teh yang digunakan untuk memberi hormat pada saat Tahun Baru Imlek adalah jenis teh yang lebih manis, seperti teh Oolong atau teh hijau.

 

 

Teh Hijau

Ini adalah jenis teh paling populer yang digunakan dalam budaya Tionghoa. Dibuat dari daun atau pucuk teh baru yang telah melalui beberapa proses sangrai, pengadukan dan pengeringan. Teh jenis ini biasanya berwarna bening dan berwarna hijau. Teh hijau bermanfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko kanker, menurunkan berat badan, serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

 

Black Tea

Dalam bahasa Mandarin, black tea sering diartikan sebagai teh merah atau 'Hong Cha'. Jenis teh ini sepenuhnya difermentasi, sehingga memiliki rasa yang lebih kuat. Warna daun black tea memang gelap, tapi warna tehnya sendiri berwarna merah. Black tea juga dipercaya bisa menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, memperlancar sistem pencernaan serta meningkatkan nafsu makan.

 

 

Teh Oolong

Ini adalah teh semi-fermentasi, punya aroma yang harum dengan sedikit rasa black tea. Teh oolong juga dikenal sebagai teh yang bagus untuk kecantikan, seperti membantu menurunkan berat badan, menguraikan lemak, dan masih banyak lagi.

 

 

Teh Putih dan Teh Kuning

Kedua jenis teh ini dikenal punya manfaat bagus untuk kesehatan. Warna tehnya bening dan rasanya menyegarkan sekali. Manfaat teh putih dan teh kuning diantaranya mampu mengurangi 'panas' di tubuh kita karena punya efek mendinginkan, meredakan demam, melancarkan sistem pencernaan, menambah berat badan dan sebagainya.




Dark Tea

Jenis teh yang difermentasi ini disebut dark tea karena tampilannya setelah diseduh berwarna hitam dan gelap. Meskipun warnanya sangat gelap, dark tea memiliki nilai gizi yang tinggi, meliputi protein, asam amino dan zat gula. Teh ini juga membantu menghilangkan sensasi berminyak setelah makan berat, memperlancar pencernaan dan menahan oksidasi pada kulit kita.

 

 

Sumber: Atoz Family Store

Jika kamu penikmat teh, kamu bisa varian teh hitam terbaik yaitu Teazen Darjeeling Champagne Tea yang terbuat dari salah satu dari tiga teh terbaik di dunia yaitu teh Darjeeling. Teazen adalah teh Korea yang terbuat dari teh Darjeeling, salah satu jenis teh hitam yang berasal dari India. Teh hitam ini juga sangat praktis dibawa bepergian, karena dikemas dalam bentuk tumbler yang keren. Kamu bisa bawa ini ke acara Tahun Baru Imlek besok. Happy Tea Time, Snackmate!