Minuman dan Makanan Korea yang Sering Muncul di Drama, Pernah Coba? – Tasty Snack Indonesia

Minuman dan Makanan Korea yang Sering Muncul di Drama, Pernah Coba?

Pengaruh budaya Korea di seluruh dunia begitu kuat, sehingga banyak orang tergila-gila dengan segala hal tentang Korea, mulai dari musik, drama, aktor, film, sampai makanan. Buat kamu penggemar film atau drama Korea, pasti menyadari kalau makanan adalah bagian penting yang pasti ada dalam scene drama. Makanan dalam drama Korea bukan hanya ingin menggambarkan karakter tokohnya, tapi juga ingin mengenalkan budaya mereka.

Cara para aktor menikmati setiap makanan dan minuman selalu membuat penonton penasaran, apa yang mereka makan? Bagaimana sebenarnya rasanya? Tenang saja, Tim Tasty Snack sudah mengumpulkan minuman dan makanan Korea apa saja yang sering masuk dalam scene drama. Beberapa diantaranya juga ada di Tasty Snack lho! Let’s check it out!



LOTTE DREAM CACAO

Sumber: Cosmo.ph

Kamu pernah nonton drama Hospital Playlist? Salah satu drama Korea populer yang sudah masuk musim ke-2 ini ternyata punya snack ikonik yang selalu dikonsumsi tokoh utamanya, Dr. Kim Jun Wan, yaitu Lotte Dream Cacao. Kekagumannya terhadap cemilan manis  ini membuat kita bertanya-tanya, seberapa enak sih rasanya?

Tertulis dalam produknya, snack Korea ini terbuat dari biji kakao berkualitas premium, dengan rasa dark chocolate yang tidak terlalu manis. Selain meningkatkan energi, Lotte Dream Cacao juga bagus untuk kesehatan karena mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dark chocolate juga mampu merangsang produksi endorfin yang bisa membuat kita good mood terus. 

 

 

KKOKKALCORN

Sumber: karousell

Salah satu snack Korea jadul yang populer kembali karena drama The Reply 1988 adalah Kkokkalcorn. Keripik jagung berbentuk kerucut ini rasanya asin dan sangat renyah. Bentuknya yang seperti terompet biasanya dimakan dengan memasukkannya ke dalam setiap jari, sehingga terlihat seperti cakar. Kapan lagi bisa bersenang-senang sambil ngemil?




CHOCO PIE

Sumber: Korean Dramaland

Semua orang di Korea Selatan sepertinya menyukai choco pie. Misalnya saja dalam drama Still 17 dan Descendants of the Sun. Choco pie sama pentingnya seperti simbol nasional, sehingga tidak mungkin terpisahkan oleh masyarakat Korea. Choco pie adalah snack favorit mayoritas orang Korea, semacam kue bolu dengan isian marshmallow lalu diselimuti coklat di luar. Rasanya sangat lezat, sehingga begitu kamu mulai memakannya, sulit untuk tidak menghabiskan langsung!

 

 

GINSENG MERAH

Sumber: Cilisos

Minuman yang sempat viral dan muncul dalam beberapa drama Korea populer adalah ekstrak ginseng merah. Minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan ini dikonsumsi karakter drama yang biasanya sedang mengalami masalah atau sakit, karena bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melawan stres dan penyakit.



MAKGEOLLI

Sumber: Gia Allana

Kamu mungkin sudah tak asing dengan soju, minuman keras Korea yang selalu muncul di dalam drama. Rasanya soju seperti minuman yang tak terpisahkan dari budaya orang Korea. Namun tahukah kamu kalau ada minuman keras lainnya yang juga gak kalah populer di drama? Jawabannya makgeolli. Muncul dalam Vincenzo, makgeolli bukan hanya sekadar minuman beralkohol untuk senang-senang saja, tapi juga dikenal mampu memperlancar pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan mendetoksifikasi tubuh karena kaya asam laktat dan bakteri baik. Terbuat dari beras yang dikukus dan difermentasi, makgeolli ini mengandung 80% air dan 6-8% alkohol sehingga warnanya putih keruh.

 

 

KOPI INSTAN MAXIM

Sumber: Cosmo.ph

Drama Korea memang identik dengan promosi berbagai produk, termasuk makanan.  Dan salah satu merek yang sering kita temui dalam drama adalah Maxim Instant Coffee. Bahkan saking populernya, ada cafe khusus Maxim yang berlokasi di Itaewon! Banyak yang menyukai kopi Instan Maxim karena kemasannya yang praktis dan nyaman, sehingga mudah dibawa kemana saja dan kemasannya juga bisa digunakan sebagai pengganti sendok untuk mengaduk seperti yang dilakukan Vincenzo Cassano.

Selain Vincenzo, Maxim Instant Coffee juga bisa kamu lihat di drama Korea lainnya seperti Shopping King Louie, Her Private Life, The Secret Life Of My Secretary, The Last Empress, Touch Your Heart, Hot Stove League, dan Hospital Playlist. Dan kini kamu bisa mencicipinya tanpa harus jauh-jauh ke Korea karena Tasty Snack juga sedia Maxim Instant Coffee Mocha Gold. Kemasannya berwarna kuning, persis seperti yang ada di dalam banyak drama. Rasa kopinya pas, tidak terlalu pahit, lembut, creamy dan agak manis. Pas untuk kamu yang tidak terlalu suka kopi pahit!

 

 

SUSU PISANG

Sumber: Facebook Korean Store Surigao

Jika kamu sudah lama mengenal budaya Korea, terutama penggemar Jungkook BTS, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan susu pisang. Minuman manis ini juga menjadi cameo dalam beberapa K-drama, salah satunya Guardian: The Lonely and Great God (Goblin). Tidak seperti snack Korea lainnya, susu pisang tidak perlu dipromosikan besar-besaran seperti karena sudah menjadi minuman ringan pokok orang Korea selama beberapa dekade.

Binggrae adalah salah satu merek susu pisang yang sangat populer karena berhasil menjual 800.000 botol setiap hari di Korea pada tahun 1974 dan sekitar 6 miliar botol telah terjual di seluruh negeri. Penjualan meningkat dipicu adanya program pemerintah Korea Selatan dalam mendorong warganya  untuk minum lebih banyak susu. 



RAMYUN

Sumber: Korea Portal

Kalau di Indonesia ada Indomie, di Korea ada ramyun. Ramyun atau ramyeon adalah mie instan yang menjadi  simbol persahabatan dan romantis juga lho.  Kenapa? Karena ajakan makan ramyun dalam drama Korea hampir selalu memiliki makna ganda. Misalnya dalam adegan antara Lee Young-joon (Park Seo-joon) dan Kim Mi-so (Park Min-young) dalam drama What's Wrong With Secretary Kim?, Gu Seung-jun (Kim Jung-hyun) dan Seon Dan (Seo Ji-hye) di Crash Landing On You, dan Kim Jin-hyuk (Park Bo-gum) dan Cha Soo-hyun (Song Hye-kyo) di Encounter. Jadi, berhati-hatilah memberi jawaban kepada seseorang yang bertanya, "Apakah kamu mau makan ramyun?". Bisa jadi dia naksir kamu lho!

 

 

TTEOKBOKKI

Sumber: Rakamin Student

Makanan Korea yang mungkin kamu cicipi pertama kali setelah menonton K-drama dan mudah ditemukan di Indonesia adalah tteokbokki. Cara para tokoh dalam drama yang melahap makanan Korea ini membuat siapapun yang melihatnya pasti jadi lapar. Tteokbokki adalah jajanan Korea yang terdiri dari kue beras (rice cake) dan kue ikan (fish cake) yang dilumuri saus manis-pedas hangat dan sering kali disajikan dengan topping keju mozarella. Saking populernya, tteokbokki tersedia dalam versi instan juga dan sering habis lho di toko-toko makanan Korea.

Penampilan paling sensasional dari tteokbokki adalah saat muncul dalam drama tahun 2019 ‘Romance is a Bonus Book’, di mana Cha Eun-ho (Lee Jong-suk) dan Kang Dan-i (Lee Na-young) berciuman sambil menikmati tteokbokki. Kembalinya Lee Na-young ke TV setelah absen sejak 2010 dan menjadi drama terakhir bagi Lee Jong-suk sebelum ia masuk wajib militer, membuat drama ini cukup populer dan berimbas pula pada tteokbokki yang muncul dalam scene penting.

Kamu bisa coba tteokbokki asli Korea yang tersedia di Tasty Snack yaitu tteokbokki dari Goodpokki yang tersedia dalam dua varian rasa: Original dan Hot. Kamu gak perlu jauh-jauh ke Korea deh buat nikmatin jajanan khas Korea ini!



BUNGEOPPANG

Sumber: Tatler Asia

Street food Korea yang juga menjadi langganan cameo dalam beberapa drama Korea, salah satunya Vincenzo, adalah bungeoppang. Dalam bahasa Korea, bungeo berarti Carassius, sejenis ikan dan ppang berarti roti. Jajanan khas Korea ini semacam wafel namun berbentuk ikan, yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti telur, tepung terigu, gula, dan air. Biasanya bagian tengahnya diisi pasta kacang merah halus atau kasar.

Tidak ada waktu pasti kapan kue ini masuk ke Korea, namun ada rumor yang mengatakan bahwa kue ini dibawa oleh Jepang ke Korea karena konon orang Jepang sudah lebih dulu menikmati kue berbentuk ikan yang disebut taiyaki ini sebelum orang Korea. Kabarnya, bungeoppang pertama kali diperkenalkan ke Korea oleh Jepang pada masa Kolonial Korea di tahun 1930-an karena Korea dijajah oleh Jepang dari tahun 1910 hingga 1945.

 


Semoga informasi yang Tasty Snack bisa menambah wawasan kamu tentang makanan-makanan Korea ya Snackmate. Buat kamu penggemar K-pop atau K-drama, Tasty Snack memiliki koleksi snack Korea yang bisa bikin kamu ketagihan! Temukan suguhan cemilan unik dan menarik dari Negeri Ginseng mulai dari yang paling modern sampai tradisional hanya di Tasty Snack!

Jangan lupa follow Instagram dan TikTok Tasty Snack Indonesia supaya gak ketinggalan promo-promo menarik dari kita!