Fakta Baru! Dengerin Musik Bisa Meningkatkan Nafsu Makan – Tasty Snack Indonesia

Fakta Baru! Dengerin Musik Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Tahukah Snackmate, kalau ternyata musik bisa mempengaruhi emosi kita dan tanpa disadari perilaku kita juga ikut terpengaruh. Salah satunya adalah asupan makanan kita. Namun, apakah musik mempengaruhi cara kita makan? Apakah kita jadi makan lebih banyak atau sebaliknya jadi gak nafsu makan saat mendengarkan genre musik tertentu? Yuk simak pembahasan lengkapnya dari Tasty Snack!



Apakah Musik Mempengaruhi Cara Kita Makan?

Beberapa penelitian menyatakan bahwa musik mempengaruhi perilaku kita saat makan, baik di restoran maupun di rumah, seperti kecepatan makan, waktu yang dihabiskan untuk setiap hidangan, dan pengalaman makan secara keseluruhan.


Musik Meningkatkan Nafsu Makan

Para peneliti di University of Arkansas mempelajari bagaimana musik mempengaruhi orang saat mereka makan di restoran. Untuk penelitian ini, mereka menggunakan empat jenis musik: jazz, klasik, rock, dan hip-hop. Mereka juga memperhitungkan makanan yang dianggap emosional, seperti coklat, dan non-emosional, seperti paprika.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang memiliki nafsu makan yang lebih besar ketika mereka mendengarkan musik jazz sambil makan. Namun, nafsu makan mereka berkurang saat mendengarkan musik hip-hop. Para peneliti menganggap ini banyak hubungannya dengan emosi. Misalnya, saat kita mendengarkan musik dengan ritme yang harmonis (seperti jazz), kita merasa lebih rileks dan bahagia, yang efeknya bisa meningkatkan nafsu makan.


Musik Mempengaruhi Kecepatan Makan

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Psychological Reports menunjukkan bahwa bukan hanya nafsu makan yang meningkat yang menyebabkan orang makan lebih banyak, tetap sifat impulsif atau terburu-buru untuk makan juga berperan. Menurut para peneliti ini, musik yang bising membuat kita makan lebih banyak dan lebih cepat. Di sisi lain, jika suasana di restoran lebih tenang, kita pun lebih rileks saat makan, lebih menikmati makanan, namun cenderung makan lebih sedikit.


Musik Mempengaruhi Pilihan Makanan

Studi lain yang dilakukan oleh Journal of the Academy of Marketing Sciences menunjukkan bahwa volume musik juga dapat berpengaruh pada cara kita makan. Lebih spesifiknya, studi tersebut menyimpulkan ketika kita mendengarkan musik bervolume rendah, cenderung memilih makanan yang lebih sehat. Sebaliknya, musik dengan volume tinggi bisa memicu stress dan efeknya kita jadi cenderung memesan comfort food yang praktis, yang biasanya lebih banyak junk food.

Meskipun beberapa penelitian memiliki hasil yang bertentangan, kenyataannya memang musik bisa mempengaruhi emosi, perilaku, dan suasana hati kita. Pada akhirnya, emosi lah yang memandu kita dalam berperilaku, termasuk cara kita makan.

 

 

Tapi buat kamu yang lagi gak nafsu makan, bisa cek katalog snack kita atau ikutan Live Sale di Instagram & Tiktok Tasty Snack Indonesia aja! Ada banyak snack unik dan populer dari mancanegara, mulai dari snack Jepang, snack Korea, snack Singapura, sampai snack lokal dengan harga murmer dan menggugah selera. Dijamin bikin nafsu makan kamu naik lagi deh!