PENTING! PERBEDAAN EXPIRED DATE DAN BEST BEFORE DATE YANG WAJIB KAMU T – Tasty Snack Indonesia

PENTING! PERBEDAAN EXPIRED DATE DAN BEST BEFORE DATE YANG WAJIB KAMU TAHU

Apakah kamu tahu apa bedanya expired date dan best before date yang tertera pada kemasan makanan? Apa yang biasanya kamu lakukan saat makanan kamu sudah melewati tanggal kadaluwarsa? Apakah kamu akan membuangnya?

Kamu gak sendirian kok. Banyak orang percaya bahwa makanan yang sudah melewati expired date artinya makanan tidak lagi dapat dimakan dan harus dibuang. Tapi sebenarnya apa perbedaan expired date dan best before date? Dan apa yang harus kita lakukan ketika makanan sudah melewati tanggal-tanggal tersebut? Apakah berbahaya jika tetap dikonsumsi?

Tasty Snack sudah merangkum informasi tentang perbedaan expired date dan best before date yang wajib kamu tahu di bawah ini.

 

Apa artinya Expired Date?

Expired date atau tanggal kadaluwarsa berbeda dengan best before date. Tanggal kadaluwarsa diartikan sebagai tanggal ketika makanan tidak lagi memiliki kualitas yang bagus, sehingga tidak dapat lagi dikonsumsi.  Jika makanan telah melewati tanggal kadaluwarsa, makanan itu harus dibuang meskipun masih dalam kondisi tertutup atau belum dibuka kemasannya.

 

Apa artinya Best Before Date?

Best before date menunjukkan bahwa produk makanan yang belum dibuka memiliki kualitas terbaik sampai tanggal tertentu. Artinya, produk yang sudah melewati best before date masih bisa dimakan, namun kualitasnya mungkin tidak sebaik saat pertama kali diproduksi atau kandungan nutrisinya sudah berubah. Tapi jika makanan sudah dalam kondisi dibuka, maka best before date pun bisa saja lebih cepat tergantung pada bagaimana produk disimpan.

 

Tips Aman Berbelanja Makanan

 

1. Periksa kemasan dengan teliti sebelum membelinya

    Periksa apakah kemasan masih tertutup sempurna atau tidak sobek. Jika dikemas dalam kaleng, periksa apakah ada penyok atau karat, karena bisa jadi makanan terkontaminasi meskipun terlihat aman untuk dimakan.

     

    2. Periksa Expired Date dan Best Before Date

      Pilih makanan yang memiliki tanggal produksi paling terbaru saat membelinya, sehingga tanggal kadaluwarsa dan best before date pun masih lama dan akan bertahan paling lama dalam penyimpanan meskipun tidak dikonsumsi dalam waktu dekat.

       

      3. Membersihkan kemasan sebelum dibuka

        Mungkin sekilas kemasan terlihat bersih tetapi tak ada salahnya untuk membersihkan kemasan terlebih dulu sebelum menyimpan atau mengonsumsinya. Karena bisa jadi makanan sudah disimpan di rak atau gudang selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan sebelum kamu membelinya.

         

        4. Simpan makanan dengan metode First In, First Out (FIFO)



          • Makanan yang dibeli paling awal, dikonsumsi lebih dulu
          • Pindahkan makanan yang mendekati tanggal kadaluwarsa ke bagian depan rak supaya terlihat
          • Jika makanan dipindahkan ke wadah lain, beri label tanggal pembelian dan expired date
          • Rutin mengecek tanggal kadaluwarsa setiap makanan
          • Membuang makanan apa pun yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan


          Di Tasty Snack, kami memastikan semua snack yang dijual adalah produk yang baru diproduksi dan memiliki expired date serta best before date yang lama, sehingga aman untuk dikonsumsi. Kamu bisa membeli snack untuk konsumsi pribadi atau memberikannya sebagai hadiah dalam bentuk snack box yang menggunakan box berbahan 100% daur ulang. Happy hunting!