RANGKAIAN ACARA IMLEK, MULAI DARI BERSIH-BERSIH RUMAH SAMPAI FESTIVAL – Tasty Snack Indonesia

RANGKAIAN ACARA IMLEK, MULAI DARI BERSIH-BERSIH RUMAH SAMPAI FESTIVAL LAMPION

Tahun Baru Imlek adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh warga Tionghoa. Bahkan di negara yang mayoritas warganya Tionghoa, rangkaian acara Imlek bisa berlangsung selama 15 hari lamanya. Acara bahkan sudah dimulai jauh sebelum Tahun Baru Imlek, yaitu tanggal 23 bulan 12 Kalender Cina. Setiap harinya sampai tahun baru, ada kegiatan yang berbeda-beda dalam tradisi Tionghoa. Apa saja kegiatannya? Yuk kita bahas satu per satu!

 

 

Hari ke-23 bulan ke-12 (14 Januari 2023) - Menyembah Dewa Dapur

Dalam budaya Tionghoa, Dewa Dapur akan melapor kepada Yu Huang Da Di atau Kaisar Giok tentang urusan sehari-hari setiap keluarga. Berdasarkan laporan tersebut, Kaisar Giok akan memutuskan apakah akan memberi hadiah atau tidak kepada keluarga tersebut. Biasanya setiap keluarga ‘menyogok’ Dewa Dapur dengan permen, air dan kacang-kacangan, sehingga ia bisa melaporkan hal-hal baik kepada Kaisar Giok dan keluarga akan hidup aman dan sehat selama setahun ke depan.

 

Tanggal 24 bulan 12 (15 Januari 2023) - Pembersihan Rumah

Dalam jadwal persiapan Tahun Baru Imlek, biasanya hari ini adalah waktunya bersih-bersih rumah. Semua peralatan makan, perabotan rumah tangga, tempat tidur, dan setiap sudut rumah wajib dibersihkan. Dalam budaya Tionghoa, membersihkan debu atau kotoran artinya membuang nasib buruk atau sial di tahun sebelumnya.



Tanggal 25 bulan 12 (16 Januari 2023) – Membuat Tahu

Beberapa negara Asia masih menjalankan tradisi membuat tahu. Mereka percaya bahwa Kaisar Giok akan datang untuk memeriksa dunia manusia apakah laporan dari Dewa Dapur itu benar atau tidak. Untuk bersaksi bahwa apa yang dikatakan Dewa Dapur itu benar, banyak orang sengaja memasak tahu untuk menunjukkan kepada Kaisar Giok bahwa mereka hidup hemat atau hidup miskin, sehingga mereka tidak dihukum oleh Kaisar Giok.

 

Tanggal 26 bulan 12 (17 Januari 2023) - Membeli Daging

Pada zaman dahulu, sebagian besar rakyat jelata hidup dalam kemiskinan dan hanya bisa makan daging babi selama festival Tahun Baru Imlek. Maka pada hari ini, menyembelih babi yang dipelihara sendiri atau membeli daging babi menjadi kegiatan utama. Meskipun sekarang daging babi sudah bisa dinikmati sehari-hari, masih banyak keluarga Tionghoa yang membeli daging pada hari ini untuk menjaga tradisi.



Tanggal 27 bulan 12 (18 Jan 2023) - Belanja dan Mandi

Berbelanja adalah aktivitas terpenting pada hari ini. Orang-orang akan membeli kembang api, mainan, dan masih banyak lagi. Mereka juga membeli baju baru untuk tahun depan. Dalam tradisi Tionghoa kuno, orang-orang biasanya juga akan mandi dan mencuci semua pakaian dengan harapan menghilangkan nasib buruk dari tahun sebelumnya.

 

Tanggal 28 bulan 12 (19 Jan 2023) - Membuat Fa Gao

Membuat fa gao atau bolu kukus dan mendekorasi rumah dilakukan pada hari ini. Orang-orang Tionghoa mulai menyiapkan makanan untuk 15 hari ke depan, karena zaman dahulu tidak ada yang berbelanja selama periode waktu itu. Juga pada hari ini, orang-orang juga akan mendekorasi rumah dengan menempelkan potongan-potongan kertas di jendela bertuliskan fu yang artinya keberuntungan.

Meskipun sekarang banyak supermarket atau pusat perbelanjaan yang tetap buka selama perayaan Tahun Baru Imlek, namun masih saja ada yang menjalani tradisi ini, terutama orang-orang Tionghoa di daerah pedesaan.

 

Tanggal 29 bulan 12 (20 Januari 2023) - Ziarah ke Makam Leluhur

Pada hari ini, keluarga biasanya pergi ke makam leluhur untuk berziarah atau disebut Maybong. Berbeda dengan ziarah pada umumnya, ziarah ala Tionghoa ini identik dengan hio dan wewangian. Tidak hanya berdo’a, biasanya antar anggota keluarga saling bercengkrama sambil menikmati cemilan yang sengaja dibawa dari rumah.

 

 

Tanggal 30 bulan ke-12 (21 Januari 2023) - Malam Tahun Baru

Ini adalah hari yang paling penting dan meriah. Orang-orang Tionghoa biasanya menempelkan bait bijak dan gambar Men Shen atau Dewa Pintu untuk mengusir roh-roh jahat. Meskipun orang-orang Tionghoa modern jarang melakukan aktivitas sesuai urutan dalam tradisi, tapi mereka masih mempertahankan kebiasaan menempelkan bait.

Selain memasang hiasan khas Imlek, biasanya malam tahun baru diisi dengan acara makan malam keluarga dan begadang semalaman. Mirip dengan makan malam Natal di negara-negara barat, makan malam Tahun Baru Imlek memiliki arti penting bagi orang Tionghoa, karena ini adalah waktu berkumpulnya semua anggota keluarga.

Makanan terpenting dalam makan malam ini adalah pangsit. Berbagai makanan khas Imlek disajikan pada malam tahun baru, seperti ikan, lumpia dan lain-lain. Pada tengah malam, banyak tempat akan membunyikan lonceng sebagai tanda berdoa agar tahun berikutnya berjalan lancar dan lebih baik.

 

 

Hari Pertama - Tahun Baru Imlek (22 Januari 2023)

Menyalakan petasan untuk mengusir roh jahat adalah hal pertama yang dilakukan saat bangun tidur di hari pertama. Setelah petasan, saatnya makan pertama tahun ini, yang sama pentingnya dengan makan malam keluarga. Mayoritas orang-orang Tionghoa memilih makan siomay, dengan harapan bisa meraup rejeki di masa depan, karena bentuk siomay mirip dengan batangan emas yang digunakan sebagai mata uang pada zaman dahulu.

Setelah makan, saatnya bagi generasi yang lebih tua atau sudah menikah untuk membagi-bagikan amplop merah atau angpao. Hari pertama juga merupakan waktu untuk melakukan kunjungan Tahun Baru kepada sesepuh, keluarga besar dan kerabat lainnya. 

 

 

Hari ke-2 (23 Januari 2023) - Menyembah Dewa Kekayaan

Menurut jadwal, hari ini adalah waktunya orang-orang menyembah Dewa Kekayaan. Hari ini juga merupakan waktu bagi anak perempuan yang sudah menikah untuk mengunjungi orang tua dan kerabat kandungnya, karena dalam kehidupan sehari-hari di Tiongkok kuno mereka tidak dapat kembali ke keluarga kandungnya. Meskipun anak perempuan sekarang dapat mengunjungi orang tua kandungnya kapan saja, kebiasaan ini tetap masih ada.

 

 

Hari ke-3 (24 Januari 2023) - Tetap di Rumah

Hari ini orang-orang tidak boleh menyembelih domba atau kambing. Di China Selatan, orang-orangnya percaya bahwa hari ini sangat rentan terjadi perselisihan atau pertengkaran, sehingga mereka tidak saling bertemu pada hari ini.

 

 

Hari ke-5 (26 Januari 2023) - Makan Pangsit

Menurut jadwal perayaan Tahun Baru Imlek hari demi hari, hari ini disebut Po Wu, dimana orang-orang akan makan pangsit dan menyalakan petasan.

 

Hari ke-7 (28 Januari 2023) - Ulang Tahun Manusia

Dalam mitologi Tiongkok, umat manusia diciptakan pada hari ini, jadi hari ini adalah hari lahir umat manusia. Pada hari ini, masyarakat akan menggunakan tujuh macam sayur dan beras untuk membuat bubur dalam merayakan hari ulang tahunnya.

 

 

Hari ke-15 (5 Februari 2023) - Festival Lampion

Juga disebut Festival Lampion, adalah akhir dari perayaan Tahun Baru Imlek dan semuanya kembali normal setelah hari itu. Hari ini juga merupakan hari dimana bulan purnama pertama muncul setelah perayaan tahun baru. Pada hari ini, banyak orang akan pergi keluar rumah untuk menyaksikan berbagai acara. Suasana makin meriah karena ada lampion dimana-mana.

 

Nah, setelah melihat rangkaian acara Imlek di atas, apakah keluargamu masih menjalani sesuai urutan di atas?