Sejarah Oreo, Salah Satu Biskuit Tertua di Dunia – Tasty Snack Indonesia

Sejarah Oreo, Salah Satu Biskuit Tertua di Dunia

Oreo adalah brand biskuit terkemuka yang populer di seluruh dunia. Kamu pasti pernah mencoba Oreo setidaknya sekali dalam hidupmu.

Namun, pernahkah kamu berpikir dari mana biskuit ini berasal dan seperti apa awal kemunculannya?

Oreo sendiri merupakan salah satu biskuit tertua di dunia. Makin penasaran kan? Yuk, kepoin sejarah Oreo bersama Tasty Snack!

Awal Mula Kemunculan Oreo 

oreo

Sumber: Mondelez International

Asal kata “oreo” yang dijadikan brand pada biskuit ini cukup misterius dan tidak ada yang tahu pasti apa makna di baliknya.

Teori yang paling sering didengar mengatakan bahwa Oreo terinspirasi dari bahasa Perancis.

Akan tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa nama Oreo mempunyai makna simbolis, di mana “O” di awal dan akhir kata “Oreo” merepresentasikan sebuah biskuit, sementara “re” di tengah diambil dari kata “cream”.

Dikutip dari Mondelez International, Oreo pertama kali diluncurkan pada 6 Maret 1912 di Amerika Serikat.

Awalnya Oreo dipasarkan dengan nama “Oreo Biscuit” oleh Nabisco. Lalu pada tahun 1921 “Oreo Biscuit” berganti nama menjadi “Oreo Sandwich”.

Dua tahun berikutnya yakni tahun 1923, Oreo Sandwich mulai memperkenalkan iklan yang menunjukkan tagline “the twist”. Iklan inilah yang akan berkembang menjadi tagline Oreo yang paling terkenal seantero dunia, “twist, lick, dunk”. Di Indonesia, tagline ini lebih dikenal dengan sebutan “diputar, dijilat, dicelupin”.

Di tahun 1928, Oreo mulai mengekspansi penjualan ke Amerika Tengah dan Amerika Latin. Meski sudah melakukan ekspansi, Oreo Sandwich pun terus melakukan perubahan nama.

Oreo Sandwich mengubah namanya menjadi Oreo Cream Sandwich di tahun 1937. Perubahan terakhir dilakukan pada tahun 1974, dimana Oreo Cream Sandwich berubah lagi menjadi Oreo Chocolate Sandwich Cookie.

Perubahan nama Oreo dari tahun ke tahun tidak membuat Oreo dilupakan begitu saja. Justru, Oreo semakin sukses melakukan penjualan di luar wilayah Amerika Serikat dengan berbagai macam variasi produknya.

Kini Oreo lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan “Oreo” saja. Mungkin karena cara penyebutannya yang lebih mudah ya.

Perkembangan Oreo di Seluruh Dunia 

oreo

Ekspansi penjualan pada tahun 1928 ke wilayah Amerika Latin dan Tengah hanya menjadi langkah awal saja bagi sejarah Oreo.

Beberapa puluh tahun kemudian, Oreo sukses menjual produknya di 30 negara pada tahun 1993. Contohnya saja di Tiongkok, Oreo merupakan biskuit dengan penjualan nomor satu di tahun 2006.

Sekarang di usianya yang lebih dari 100 tahun, Oreo sudah memasarkan produknya di lebih dari 100 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia!

Di Indonesia, kamu bisa menemukan varian Oreo Selection dalam bentuk kemasan kaleng yang berisi biskuit Oreo dengan varian rasa krim yang beraneka ragam.

Biasanya sih Oreo Selection mulai diluncurkan menjelang hari raya besar seperti Idul Fitri atau Natal.

Berbagai Kolaborasi Unik Oreo

Walaupun semua orang mengenal Oreo dengan ciri khas berupa biskuit dengan isian krim berwarna putih di tengahnya, Oreo melakukan berbagai inovasi terkait variasi rasa dan bentuk.

Hal ini dilakukan supaya para penggemarnya di seluruh dunia tidak bosan dengan variasi yang ada.

Misalkan di tahun 1992, Oreo merilis variasi Oreo Mini dengan ukuran biskuit yang lebih kecil dan bisa langsung masuk ke mulut.

Tahun 2015 pun Oreo juga meluncurkan variasi lain, yakni Oreo Thin dengan bentuk biskuit dan isian krim yang tipis untuk menciptakan rasa khas Oreo tetapi terasa renyah ketika digigit.

Tidak sampai di situ, Oreo juga berkolaborasi dengan berbagai brand dan bintang papan atas untuk meluncurkan item terbaru.

Salah satu kolaborasi Oreo yang paling bombastis adalah Oreo dengan salah satu brand fashion streetwear ternama, Supreme. Walau dibanderol cukup mahal, biskuit Oreo x Supreme tetap laris di pasaran.

Dan yang paling baru, Oreo kini sedang melakukan kolaborasi brand bersama Blackpink, salah satu girlband asal Korea Selatan yang lagi naik daun dan digandrungi di seluruh dunia.

Kolaborasi Oreo kali ini lagi-lagi berhasil mencuri perhatian masyarakat khususnya para Kpopers dan Blink (sebutan fanbase Blackpink).

Karena fanbase Blackpink yang cukup besar, tak heran jika Oreo Blackpink Edition banyak diburu para penggemar Blackpink. Nah, kamu enggak perlu bingung cari Oreo Blackpink Edition di mana.

Sebab Tasty Snack menyediakan Oreo edisi khusus Blackpink. Tinggal pesan dan tunggu, maka Oreo Blackpink Edition tiba di rumahmu! Yuk, pesan sebelum kehabisan!

Itulah ulasan singkat mengenai sejarah Oreo dan bagaimana perkembangannya di seluruh dunia. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasanmu terkait sejarah cemilan!

Tags: oreo