Selain Susu, 5 Makanan Berkalsium Tinggi Ini Bagus untuk Tulang – Tasty Snack Indonesia

Selain Susu, 5 Makanan Berkalsium Tinggi Ini Bagus untuk Tulang

Sudah jadi rahasia umum kalau kalsium adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi kita. Orang dewasa membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium sehari dan makanan pertama yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita pasti adalah susu. Memang benar, susu khususnya susu sapi adalah sumber kalsium yang sangat baik. Dalam secangkir susu sapi saja sudah menyediakan 309 mg atau 30% dari kebutuhan kalsium harian kita.

Bukan hanya bagus untuk tulang dan gigi, kalsium juga memastikan jantung, saraf, dan otot berfungsi dengan baik. Tapi susu bukan satu-satunya makanan yang kaya kalsium lho. Ada yogurt dan keju yang juga tinggi kalsium. Tapi bagaimana kalau kita seorang vegan, alergi susu, atau tidak menyukai rasa makanan atau minuman yang terbuat dari susu? Berikut 5 makanan berkalsium tinggi non-susu yang bagus untuk tulang kamu. Let’s started!


CHIA SEED

Siapa sangka makanan berukuran mini ini mengandung banyak kalsium? Dalam 100 gram chia seed saja bisa mengandung 631 mg kalsium, artinya jika kamu makan sekitar 3 sendok makan saja kamu sudah mendapatkan kalsium lebih banyak daripada segelas susu. Kamu bisa menambahkan chia seed ke dalam oatmeal atau smoothie buah favoritmu supaya nutrisinya semakin bertambah dan makannya pun jadi lebih lahap.

Daripada pusing cari snack yang mengandung chia seed dan rasanya juga enak, kamu bisa cobain Verlin Dark Choco Cluster. Snack sehat yang terbuat dari oats, almond, chia seed, dark chocolate dan bahan-bahan premium lainnya yang kaya vitamin dan mineral. Berbentuk cookies coklat yang crunchy dan tidak terlalu manis, bebas bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya.


SUSU KEDELAI

Buat kamu yang alergi susu sapi, jangan takut kehilangan sumber kalsium ya. Karena ternyata susu kedelai memiliki jumlah kalsium yang hampir sama dengan susu sapi dan susu kedelai adalah satu-satunya alternatif susu nabati yang nutrisinya sebanding dengan susu sapi, bahkan lebih baik. Bukan hanya sebagai sumber kalsium dan vitamin D, susu kedelai juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak jenuh.


ALMOND

Almond memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan salah satu yang utama adalah menjadi sumber kalsium. Mengandung sekitar 12% kebutuhan protein harian yang diperlukan, kaya akan vitamin E dan potasium. Meskipun kacang almond mengandung lemak, namun jenis lemak yang sehat, yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Dalam secangkir kacang almond mengandung lebih banyak kalsium daripada secangkir susu sapi dan kandungan lemak tak jenuhnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Kamu bisa menikmati kacang almond sebagai cemilan atau menambahkannya ke dalam smoothie atau salad. Tapi kalau kamu lagi cari snack sehat yang praktis dan mengandung almond, kamu cukup stok Verlin Cranberry Almond Crunchy Granola yang terbuat dari 100% gandum utuh, kacang mede, kacang almond, cranberry dan bahan-bahan premium lainnya. Kamu bisa menikmatinya begitu saja sebagai cemilan atau mencampurnya dengan smoothies. Cocok buat kamu yang lagi diet dan punya jadwal aktivitas yang padat.


BUAH TIN KERING

Kalau kamu lagi cari makanan manis dan juga tinggi kalsium, kamu cukup sedia buah tin kering saja di rumah. Buah tin atau buah ara memiliki kandungan gula alami yang tinggi sehingga rasanya manis seperti permen. Kulit buah tin sangat lembut dan memiliki banyak biji. Kamu bisa langsung memakannya saat sudah matang atau mengeringkannya terlebih dahulu. Tapi untuk kandungan kalsium yang lebih tinggi, disarankan untuk makan buah tin kering. Dalam 1,5 cangkir buah tin kering saja sudah mengandung 320 mg kalsium.


TAHU

Olahan kacang kedelai lainnya yang merupakan makanan berkalsium tinggi adalah tahu. tahu adalah makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein nabati, khususnya bagi para pelaku diet vegetarian. Tak disangka, ternyata tahu mengandung jumlah kalsium yang tidak sedikit. Bahkan dalam secangkir tahu saja terkandung 861 mg kalsium. Wow! 

Tahu juga merupakan makanan nabati yang rendah lemak, bebas kolesterol, dan memiliki sumber protein lengkap, makanya banyak yang menganggapnya sumber protein terbaik bagi vegetarian maupun vegan. Tahu juga bisa diolah menjadi banyak makanan dan semuanya pasti enak! Kalau kamu paling suka tahu diolah jadi apa?


Nah, setelah tahu makanan berkalsium tinggi apa saja selain susu, kamu tidak perlu lagi bingung harus stok makanan apa nih. Apalagi sekarang sudah banyak yang diolah dalam bentuk snack, jadi lebih praktis buat dimakan kapanpun tanpa harus takut kekurangan asupan kalsium harian. Temukan lebih banyak snack sehat dan enak lainnya hanya di Tasty Snack. Happy snacking!