Bukan Childfree, 10 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda – Tasty Snack Indonesia

Bukan Childfree, 10 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda

Belakangan ini sedang viral berita tentang salah satu vlogger Indonesia, Gita Savitri, yang menyebutkan bahwa memiliki anak bisa membuat wanita lebih cepat tua dan childfree (keputusan pasangan untuk tidak memiliki anak) adalah salah satu kunci mengapa dirinya tampak awet muda.

Sontak pernyataan Gita tersebut viral di jagat maya dan menjadi perdebatan netizen, terutama para ibu. Mengutip dari Insider, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sehari-hari untuk membuat diri kita terlihat muda terus. Apa saja tips awet mudanya? Kita bahas satu per satu yuk!



Rutin Olahraga

Membuat tubuh kita bergerak adalah salah satu cara terbaik untuk tetap awet muda. Keringat yang keluar saat olahraga itu seperti kita membersihkan kulit dari kotoran atau debu yang menempel dan membuka pori-pori, sehingga kulit mendapatkan pasokan oksigen yang dibutuhkan. Selain itu, olahraga bisa meningkatkan elastisitas kulit jadi kita terlihat lebih muda. Olahraga juga bisa memperlancar aliran darah, membuat tubuh kita jadi lebih berenergi dan mengencangkan otot.

 

 

Banyak Tersenyum

Tahukah kamu kalau tersenyum bisa membuat kita terlihat lebih muda dengan cepat? Dalam sebuah studi tahun 2016 tentang efek senyuman terhadap persepsi orang yang melihatnya. Hasilnya, para peserta yang melihat model tersenyum dianggap lebih ‘muda’, sementara model dengan ekspresi cemberut atau sedih membuat seseorang terlihat lebih ‘tua’. Tersenyum juga bisa memperbaiki mood, mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan bahkan konon bisa membuat panjang umur. Gimana menurut kalian? 



Mengadopsi atau Memelihara Hewan

Dikutip dari John Hopkins Medicine, memiliki hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Orang tersebut akan hidup jauh lebih bahagia dan lebih sehat, karena bermain dengan hewan peliharaan bisa menurunkan hormon stres kortisol dan meningkatkan hormon oksitosin (hormon yang terbentuk antara ibu dan bayinya). Jika kita bahagia, maka kita jadi terlihat awet muda.

 

Mendengarkan Musik-Musik Favorit Masa Muda

Jika kamu ingin terus awet muda, cobalah putar beberapa lagu favorit kamu dari masa-masa sekolah dulu. Seketika kamu akan dibawa kembali ke masa kamu pertama kali mendengarnya. Menurut beberapa penelitian, musik adalah salah satu trigger paling kuat untuk membantu mengembalikan ingatan. Kenangan-kenangan indah inilah yang membuat kamu terhindar dari stres dan senyum-senyum sendiri. Berani coba?



Sering Mengobrol dengan Teman

Setelah dewasa, dan punya keluarga sendiri, semua sibuk dengan urusannya masing-masing, sampai-sampai lupa kalau sebagai individu kita perlu lho bersosialisasi dengan orang lain (di luar anggota keluarga). Nah, sering bertukar cerita dengan teman-teman, terutama teman-teman yang mungkin sudah hilang kontak selama bertahun-tahun, kamu bisa membangkitkan memori-memori indah masa muda. Jadi merasa muda terus deh!

 

Minum Banyak Air Putih

Ternyata salah satu rahasia terbaik untuk kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda itu sederhana lho, cukup minum banyak air putih saja. Sebanyak 60% tubuh kita terdiri dari air dan ketika kita tidak minum cukup air, maka akan terlihat pada kulit kita. Kulit jadi terlihat kusam, alhasil kamu menua sebelum waktunya. Gak mau kan? Maka dari itu, penting untuk tetap terhidrasi, karena bukan hanya tubuh jadi lebih berenergi tapi bagus juga untuk kelembaban kulit.



Konsumsi Makanan Sehat

Kita memang tidak bisa menghentikan proses penuaan, karena itu adalah sesuatu yang normal dan fase kehidupan yang harus dilalui semua orang. Namun, kita bisa memperlambatnya dan membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya konsumsi makanan sehat.

Makanan yang kita makan sangat menentukan seberapa kuat sistem kekebalan tubuh kita. Dan segala ‘kerusakan di dalam tubuh’ akan terlihat lewat kulit kita, misalnya kulit jadi kering, gak lentur, muncul kerutan, kusam dan warna kulit tidak merata. Kamu bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan anti-inflamasi, seperti buah dan sayuran.  Kamu bisa memulainya dari hal sederhana yaitu mengganti cemilan dengan snack-snack sehat yang bisa kamu order disini.

 

Jangan Begadang!

Selain konsumsi makanan sehat, kebiasaan lain yang harus mulai diterapkan adalah tidur yang cukup. Jangan begadang jika tidak perlu. Kenapa? Karena selama tidur, produksi protein dalam tubuh meningkat, sehingga memicu pertumbuhan dan perbaikan sel, termasuk kolagen, salah satu jenis protein yang paling banyak dalam tubuh manusia dan salah satu yang berperan penting untuk membuat kulit sehat dan awet muda.

 

Rajin Merawat Kulit

Meskipun sudah dirawat dari dalam, mulai dari olahraga, tidur yang cukup dan makan makanan yang sehat, tubuh kita juga perlu dirawat dari luar. Salah satunya adalah dengan rajin menggunakan tabir surya atau sunscreen untuk mencegah kerusakan kulit. Menurut American Academy of Dermatology, memakai tabir surya secara teratur dapat membantu mencegah kanker kulit, penuaan kulit dini, flek hitam, garis halus, dan kerutan.

 

Selalu Tampil Modis

Ada pepatah yang berbunyi “if you don't look your best, you won't feel your best”, jadi intinya gimana caranya kita bisa terlihat awet muda jika dari penampilan saja gak terlihat. Dikutip dari Her Style Code, warna-warna cerah, pola-pola klasik, dan model pakaian yang sederhana, seperti kaos dan jeans, justru bisa membuat kita tampak lebih awet muda lho!

 


Sudah terjawab ya, kalau tips untuk tetap awet muda itu bukan childfree. Ada banyak faktor dan yang paling penting adalah gaya hidup. Gimana menurut Snackmates?