TIPS MEMULAI DIET VEGETARIAN UNTUK PEMULA

TIPS MEMULAI DIET VEGETARIAN UNTUK PEMULA

Beberapa tahun terakhir, diet vegetarian mendadak menjadi populer, terutama saat selebriti dunia seperti Lizzo dan Beyonce mengaku menjalani diet serupa. Diet vegetarian yang identik dengan konsumsi makanan serba sayuran memang menawarkan banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit kronis hingga meningkatkan sistem pencernaan.

Tapi sebenarnya apa sih diet vegetarian itu? Umumnya jika kita menjalankan diet vegetarian hanya akan mengonsumsi makanan nabati dan menghindari protein hewani seperti daging dan makanan laut, tetapi kita masih bisa makan telur dan susu. 

Ada beberapa jenis diet vegetarian, diantaranya:

  1. Diet Lacto-vegetarian : hanya konsumsi makanan nabati dan produk susu, tapi tidak makan telur
  2. Diet Ovo-vegetarian : hanya konsumsi makanan nabati dan telur, tapi tidak konsumsi produk susu
  3. Diet Vegan : tidak mengonsumsi semua produk hewani, termasuk daging, unggas, ikan, susu, telur, dan terkadang produk hewani lainnya seperti madu

Jadi apa yang harus dilakukan untuk memulai diet vegetarian?


MULAI PERLAHAN NAMUN KONSISTEN

Di awal, kamu tidak harus langsung menghilangkan semua produk hewani dalam menu makan sehari-hari. Kamu bisa memulainya secara perlahan tapi konsisten. Misalnya, jika kamu biasanya makan 3 jenis sayuran dalam seminggu, tingkatkan menjadi 5 atau 6 jenis sayuran selama dua minggu ke depan. Teruslah perlahan-lahan makan lebih banyak makanan nabati (sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan) sampai seluruh pola makan kamu berbasis nabati.


TUKAR PRODUK DAGING DENGAN KACANG-KACANGAN

Saat kamu baru memulai diet, kamu sebaiknya memikirkan makanan nabati apa yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti daging. Umumnya, kacang hitam dan lentil adalah pengganti terbaik untuk daging giling, buncis pengganti daging ayam, dan tahu (yang terbuat dari kacang kedelai) dapat menggantikan daging yang digunakan untuk sandwich atau tumis.

Sama halnya dengan daging, kacang-kacangan juga kaya protein dan serat nabati, nutrisi utama yang membantu kamu merasa kenyang. Kuncinya adalah serat, yang bisa membuat kamu merasa kenyang setelah makan, membantu mencegah sembelit, diabetes dan penyakit jantung.


UTAMAKAN KONSUMSI BIJI-BIJIAN UTUH

Karena kamu akan kehilangan sumber karbohidrat dari daging, kamu bisa menggantinya dengan biji-bijian utuh seperti oat, yang memiliki lebih banyak serat, protein, dan vitamin. Daripada mengonsumsi semangkuk sereal setiap pagi, cobalah menggantinya dengan semangkuk gandum utuh. Kamu bisa menambahkan chia seed dan buah berry sebagai topingnya.


JANGAN TAKUT KONSUMSI KARBOHIDRAT

Beberapa sayuran dan kacang-kacangan mengandung karbohidrat, seperti ubi dan kacang hitam.  Daripada fokus memperhitungkan karbohidrat yang harus kamu konsumsi, sebaiknya kamu fokus pada jenis makanan yang ingin kamu makan, bukan kandungan karbohidratnya. Karena sebenarnya semua makanan nabati mengandung karbohidrat walaupun hanya sedikit. Kamu hanya perlu memilih makanan nabati apa yang kamu suka, supaya diet pun tetap happy.


BERHATI-HATILAH DENGAN PRODUK PENGGANTI DAGING

Semenjak diet vegetarian banyak peminatnya, mulai banyak produsen makanan yang memproduksi makanan vegetarian dengan maksud mempermudah para pelaku diet yang sedang mencari makanan nabati yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Tapi kamu perlu berhati-hati karena tidak semua produk dibuat sama, dan kamu harus mencari produk yang menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, diproses seminimal mungkin, dan membatasi penggunaan garam. 


JANGAN TAKUT KEKURANGAN PROTEIN

Banyak yang berpendapat kalau pelaku diet vegetarian pasti akan kekurangan asupan protein, padahal banyak makanan selain daging yang memiliki protein, bahkan lebih baik dari protein hewani karena juga mengandung serat. Misalnya setengah cangkir kacang hitam yang mengandung protein juga serat yang lebih banyak dari satu sayap ayam yang tidak mengandung serat sama sekali. Ditambah lagi, kamu masih bisa mendapatkan 9 asam amino esensial, bahan penyusun protein yang dibutuhkan tubuh dan hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan nabati.


NGEMIL SNACK VEGETARIAN

Sebagai seorang vegetarian, kamu perlu mengonsumsi hampir 2 kali lebih banyak zat besi supaya cepat kenyang. Cobalah makan makanan nabati yang kaya zat besi seperti tahu, buncis, dan edamame yang dipasangkan dengan paprika merah dan hijau yang kaya vitamin C. Untuk memastikan asupan nutrisi tetap terpenuhi, kamu perlu snack vegetarian kapanpun kamu merasa lapar. Cemilan sehat ini tidak akan merusak diet kamu dan mencegah kamu bad mood seharian karena terus merasa lapar.

Bingung harus beli snack vegetarian apa saja sebagai teman ngemil kamu? Langsung aja order Vegan Gift Box di www.tastysnack.id . Di dalamnya ada lima cemilan sehat khusus buat kamu yang lagi diet vegetarian yang sudah Tim Tasty Snack pilihkan. Snacknya bervariasi, mulai dari: keripik pisang All Like Banana Chips yang manis; buah kering TYU Chewy Fruit rasa nanas yang asam; crackers Trispy Mixed Vegies dan cookies Ladang Lima Pumpberry yang manis dan asam; dan snack kacang Human Bean Co rasa pizza yang gurih. Semuanya dijamin enak!