TIPS MENATA OFFICE PANTRY AGAR LEBIH NYAMAN – Tasty Snack Indonesia

TIPS MENATA OFFICE PANTRY AGAR LEBIH NYAMAN

Pantry adalah area yang paling rentan kotor dan berantakan di kantor. Apalagi, ada banyak orang yang berkunjung kesana, dan membawa berbagai jenis makanan. Itu adalah pemandangan yang normal kita temui di kantor dan untuk membuat kita tetap merasa nyaman adalah memastikan pantry tetap bersih dan rapi.

Ketika pantry tertata dengan baik, kita pun lebih mudah menemukan makanan atau peralatan yang kita cari. Nah, untuk itu ada beberapa tips untuk membuat office pantry kamu jadi tempat ternyaman saat beristirahat. Let’s get started!

 

Membuat Data Inventaris

Langkah pertama untuk menata pantry kantor adalah membuat daftar semua barang yang ada dan mengelompokkannya berdasarkan kategori. Misalnya, mie instan, bumbu, saus, sambal, snack, masuk dalam kategori makanan. Lalu sendok, garpu, pisau, masuk dalam kategori peralatan makan. Dengan mengelompokkan inventaris kantor berdasarkan kategori akan membuat langkah selanjutnya lebih mudah.

 

Buat Zonasi

Setelah selesai mengelompokkan semua yang ada di dapur ke dalam kategori yang sama, saatnya untuk menempatkan masing-masing kategori ke dalam sebuah "zona". Misalnya untuk jenis makanan seperti mie instan dan makanan kaleng yang dapat disimpan di dalam rak tertutup. Sementara bumbu dapur seperti saus, sambal dan kecap yang sering dipakai,  bisa diletakkan di rak terbuka supaya lebih mudah diakses.

 

Gunakan Wadah Penyimpanan

Saatnya berinvestasi pada wadah penyimpanan serbaguna. Akan ada banyak stok makanan dan minuman yang disimpan di dalam lemari pantry. Siapapun bisa mengaksesnya, tapi tidak semua orang bisa meletakkan kembali seperti posisi semula. Dengan menyimpan stok makanan dalam wadah, sehingga makanan tersimpan lebih rapi, kita pun lebih mudah mengeluarkan dan menyimpannya kembali. Pilih wadah plastik bening supaya jenis makanan yang kita simpan terlihat tanpa harus membukanya.

 

Beri Label

Setelah semua makanan disimpan dalam wadah, waktunya memberikan label. Beri label sesuai dengan kategori makanan yang sebelumnya sudah dibuat. Khusus untuk makanan yang dipindah ke dalam toples, seperti gula, garam, atau kopi, tuliskan pada label tanggal pembelian dan tanggal kadaluwarsanya sehingga kita tahu kapan harus mengganti stoknya.

 

Rajin Melakukan Rotasi

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi food waste atau sampah makanan adalah dengan memastikan makanan dengan tanggal kadaluwarsa terdekat ada di bagian rak terdepan. Sama halnya seperti supermarket, makanan dengan tanggal "terbaik" atau paling jauh tanggal kadaluwarsanya harus berada di rak paling belakang.

 

Manfaatkan Ruang di Dinding

Jika ukuran pantry di kantor kecil, kita bisa manfaatkan ruang di dinding, dengan cara menggunakan rak dinding. Sehingga kita bisa mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan dan untuk bahan makanan seperti bumbu dapur, kita bisa menggunakan rak dinding untuk mempermudah mencari bumbu yang dibutuhkan dengan cepat.

 

Simpan Cemilan di Rak Bawah

Karena tidak banyak karyawan yang memasak makanan berat di office pantry, maka cemilan adalah makanan yang paling banyak dicari mereka. Untuk itu, saat membuat zona, kita harus meletakkan stok makanan ringan di bagian rak bawah supaya lebih mudah diambil. Untuk buah-buahan, kita bisa menyiapkan keranjang di atas meja dapur atau meja makan yang bisa diakses semua orang dengan mudah dan cepat.

 

Update Stok Makanan Secara Teratur

Ketika ada banyak karyawan yang berada di pantry secara bersama-sama, stok makanan bisa jadi berkurang dengan cepat. Maka dari itu, penting untuk selalu update stok makanan secara teratur, minimal 2 minggu sekali, baik untuk menambah stok makanan yang habis atau mengganti stok makanan dengan variasi yang berbeda supaya karyawan tidak bosan.


Butuh bantuan untuk menata dapur di kantor Anda agar lebih nyaman untuk semua karyawan? We’re ready to help you! Tasty Snack memiliki layanan pantry service berupa pantry styling dan menjual beragam snack unik dan favorit dari mancanegara untuk cemilan di kantor Anda. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi kami melalui email askus@tastysnack.id untuk tahu info lebih lanjut tentang service pantry. Kami tunggu ya!