Tips Mudik Aman dan Menyenangkan – Tasty Snack Indonesia

Tips Mudik Aman dan Menyenangkan

Kamu berencana mudik lebaran tahun ini? Kalau kamu berencana mudik lewat perjalanan darat, kamu perlu membuat strategi yang tepat untuk bisa melalui perjalanan yang panjang dengan aman dan nyaman. Karena menurut data Kementerian Perhubungan RI diperkirakan ada lonjakan jumlah pemudik pada lebaran 2023 ini yaitu sebanyak 123,8 juta orang.

Dengan melihat angka yang sangat fantastis itu, kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perjalanan jauh. Apalagi kalau kamu yang mengemudi supaya bisa tetap waspada dan bersemangat sepanjang perjalanan. Apa saja persiapan yang bisa dilakukan? Yuk kita bahas satu per satu!



1 | Tidur yang cukup sebelum berkendara

Kelelahan adalah penyebab umum kecelakaan saat mudik. Setidaknya kamu membutuhkan minimal tujuh jam tidur selama dua malam berturut-turut sebelum memulai perjalanan agar punya cadangan energi yang cukup.

Waktu terbaik berangkat mudik adalah pagi hari setelah semalaman tidur, bukan setelah seharian kerja yang pasti melelahkan. Beristirahatlah secara teratur di sepanjang jalan agar tetap fit dan fokus, misalnya berhenti kira-kira setiap 160 km atau dua jam. Menurut Sleep Foundation, hindari mengemudi saat jam-jam istirahat, misalnya saja antara jam 1 dan 3 siang, saat suhu tubuh lebih rendah, yang membuat kita lebih mudah mengantuk.

 

2 | Membawa cemilan sehat

Sumber: Lazada

Mengutip dari Healthline, membawa berbagai camilan sehat yang kaya vitamin selama perjalanan jauh akan membuat kita tetap bugar dan kenyang lebih lama selama, dibandingkan membawa makanan cepat saji. Telur rebus dan kacang-kacangan adalah beberapa makanan ringan yang bisa kamu bawa saat mudik.

Untuk perjalanan jauh, pilihlah makanan ringan yang tidak mudah rusak, seperti buah kering dan kacang-kacangan. Kamu bisa cek katalog snack sehat dan mengenyangkan untuk dibawa mudik lainnya disini.

 

3 | Tetap terhidrasi

Bawalah persediaan air yang banyak agar tubuh terhidrasi dengan baik. Efeknya mungkin kamu jadi lebih banyak berhenti di kamar mandi. Tapi lebih baik seperti itu daripada kamu harus kehilangan cairan tubuh dan membuat konsentrasi menurun. Dikutip dalam Carsome, orang dewasa membutuhkan setidaknya delapan gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jangan langsung minum delapan gelas ya, tapi harus secara berkala.

 

4 | Rencanakan tempat perhentian untuk istirahat

Salah satu tips paling penting selama mudik lewat perjalanan darat adalah keluar dari mobil dan meregangkan kaki setiap dua jam. Buat daftar tempat perhentian, entah saat waktu makan atau ibadah. Kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu ibadah untuk berhenti sekaligus meregangkan badan.

Mengutip dari The Road Trip Expert, idealnya untuk perjalanan jauh, kendaraan harus berhenti selama 15 menit setiap 2 jam. Selain memberikan waktu pada kendaraan untuk beristirahat, beristirahat sejenak juga bagus untuk keselamatan, kesehatan dan konsentrasi pengemudi.

 

5 | Mengunyah permen

Dalam jurnal yang dimuat di National Institutes of Health dikatakan bahwa melakukan aktivitas berulang, seperti mengunyah permen, dapat meningkatkan sirkulasi dan konsentrasi. Jika kamu mulai merasa mengantuk dan tidak memungkinkan untuk berhenti atau menepi, kamu bisa mengunyah permen karet agar tetap fokus. Untuk kamu yang menghindari permen tinggi gula, kamu bisa membawa permen Bites - Vitamin Gummy Kombucha yang rasanya unik, terbuat dari teh kombucha asli dan semua permen dari Bites by Gummyworld menjadi gummy bebas gula pertama di Indonesia  lho. 

 

6 | Cek Kondisi Kendaraan

Selain kondisi tubuh yang harus fit, kondisi mobil pun juga harus prima ketika dibawa mudik. Sebelum mudik, disarankan untuk memeriksa dan menservis mobil kamu, apalagi jika akan digunakan untuk melakukan perjalanan jauh karena berkendara jarak jauh dapat memberikan banyak tekanan pada mobil, yang bisa membahayakan kamu dan penumpang lain. Seperti yang diungkapkan dalam website Kemenkeu RI, sangat penting untuk melakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban dan peralatan seperti dongkrak, obeng dan tang untuk berjaga-jaga supaya perjalanan lebih aman dan semuanya bisa berkendara dengan nyaman.

 

7 | Mengatur Posisi Duduk yang Nyaman

Sumber: Adobe Stock

Postur mengemudi yang baik dapat membantu meminimalkan rasa sakit dan kelelahan. Posisi duduk itu penting. Pastikan tempat duduk kamu sudah disesuaikan untuk mencapai postur terbaik dan kenyamanan maksimal. Kamu harus memiliki ruang kaki yang cukup untuk mengoperasikan pedal dengan mudah. Lakukan stretching minimal 30 menit sekali.

Dalam situs Suzuki Indonesia diberitahukan bahwa posisi duduk saat mengemudi yang benar adalah tubuh harus tegak dan membentuk sudut 100 derajat. Bagaimana caranya? Dengan mengatur posisi sandaran kursi senyaman mungkin agar tetap rileks, serta pastikan posisi tangan dan kaki bisa bebas bergerak ketika berkendara.

 

8 | Buat Permainan yang Menghibur

Perjalanan panjang, terutama dengan anak-anak, seringkali terjadi pertengkaran dan kebisingan. Kondisi mobil yang tidak kondusif seperti terlalu bising, bisa menyebabkan pengemudi frustasi dan lelah. Untuk mencegah keributan, pastikan anak-anak terhibur dengan menyediakan buku, gameboard, dan hiburan lain yang bisa menghabiskan waktu mereka. Atau kamu bisa membuat permainan ‘tebak plat nomor’ agar semua penumpang berkomunikasi satu sama lain.

Ada beberapa manfaat bermain bersama saat perjalanan jauh menurut Family Road Trip Co, diantaranya memperkuat ikatan antar anggota keluarga, melatih kesabaran, melatih kemampuan visual dan komunikasi, dan masih banyak lagi lho!

 

9 | Bawa Kotak P3K

Sebaiknya kamu membawa obat-obatan secukupnya selama perjalanan mudik, seperti obat mual, diare, pusing dan sejenisnya untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Merek obat-obatan yang dibawa sebisa mungkin adalah produk yang biasa dipakai untuk menghindari efek samping yang berbahaya.

Jangan sembarangan menyimpan kotak P3K di mobil, karena menurut WebMD, beberapa jenis obat, misalnya antibiotik, lebih sensitif terhadap sinar matahari dan meningkatkan risiko terbakar sinar matahari. Hindari menyimpannya di area yang terkena sinar matahari atau dekat mesin agar suhunya tidak terlalu panas dan mencegah rusaknya obat.


Setelah hampir tiga tahun terhalang pandemi, lonjakan pemudik tahun ini pasti akan berpengaruh pada lalu lintas kendaraan. Jadi buat Snackmate yang berencana mudik tahun ini, ikuti tips-tips di atas ya supaya mudik lebih aman dan menyenangkan. Stay safe & enjoy the ride!