MEMBERI HADIAH PUNYA 5 MANFAAT BAGUS UNTUK KESEHATAN – Tasty Snack Indonesia

MEMBERI HADIAH PUNYA 5 MANFAAT BAGUS UNTUK KESEHATAN

Wisuda, anniversary, ulang tahun, lebaran dan natal adalah beberapa momen dalam setahun yang paling banyak dipilih sebagai ajang saling memberi hadiah. Meskipun banyak yang senang menerima hadiah, tak sedikit pula orang yang gemar memberi hadiah karena ini adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan perhatian dan perhargaan kamu terhadap seseorang.

Tapi tahukah kamu saat kita memberikan hadiah kepada seseorang, bukan hanya mereka yang mendapatkan manfaatnya. Beberapa studi sudah dilakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa memberi hadiah ternyata punya manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan kita juga lho. Penasaran apa saja manfaatnya? Let’s get started!

 

 

PEMBERI DAN PENERIMA MERASAKAN KEBAHAGIAAN YANG SAMA

Salah satu perasaan terbaik di dunia adalah melihat seseorang yang kita pedulikan bahagia ketika mereka menerima hadiah yang kita berikan. Tahukah kamu kalau ternyata memberi hadiah bisa melepaskan zat kimia di otak yang membuat kita "merasa nyaman", seperti endorfin, serotonin, dan dopamin. Maka tak heran jika banyak orang yang rela menjadi sukarelawan atau memberi bantuan karena cara ini memang bisa membuat kita sama bahagianya dengan orang yang kita bantu. Jadi kalau kamu lagi butuh moodbooster, cobalah memberi kepada seseorang, entah itu hadiah, bantuan, atau melakukan hal baik lainnya.


MENGURANGI STRES

Saat orang lain berpikir memberikan hadiah akan membuat stres karena banyak uang yang harus dikeluarkan dan waktu yang harus diluangkan untuk mencari hadiah, justru kita harus manfaatkan momen berbagi ini sebagai cara menghilangkan stres. Kok bisa? Meskipun memilih hadiah untuk seseorang itu bukanlah hal yang mudah, namun rasa puas ketika memberi hadiah yang tepat bisa menimbulkan perasaan senang, yang pada akhirnya bisa mengurangi stres. Itulah mengapa banyak sekali orang yang senang memberi, baik berupa materi, tenaga atau waktu mereka untuk orang lain.

 

MEMBANGUN HUBUNGAN YANG LEBIH KUAT

Memberi hadiah adalah salah satu dari lima ‘love language’, karena dengan memberi hadiah bisa membuat kita merasa lebih dekat dengan si penerima hadiah. Memberikan hadiah juga bisa menjadi solusi untuk menjaga hubungan dengan kerabat atau teman yang tinggal jauh dan memperkuat hubungan dengan mereka yang jaraknya lebih dekat. Memberikan hadiah juga bisa membangun kepercayaan satu sama lain. 


KEPERCAYAAN DIRI MENINGKAT

Ketika hubungan kita dengan penerima hadiah menjadi lebih dekat dan menjadi lebih bahagia, kita akan menjadi lebih percaya diri dan harga diri kita pun akan meningkat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering memberi atas kemauan sendiri memiliki harga diri yang lebih besar daripada mereka yang tidak. Ditambah lagi, ketika kita berhasil membahagiakan orang lain dengan hadiah yang kita berikan, rasa percaya diri pun ikut meningkat.


MENINGKATKAN RASA SYUKUR

Siapapun pasti merasa bersyukur jika mendapatkan hadiah, tetapi tahukah kamu kalau si pemberi juga bisa merasakannya? Memberikan hadiah adalah cara yang biasa digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih, tetapi dengan melihat respon positif penerima juga bisa menimbulkan rasa syukur yang sama pada pemberi hadiah. Menunjukkan rasa terima kasih dapat meningkatkan emosi positif, meningkatkan kesehatan dan menghasilkan perasaan bahagia yang lebih besar secara keseluruhan.



BAGAIMANA CARA MEMILIH HADIAH YANG TEPAT?

Hadiah bisa jadi cara untuk mengekspresikan perasaan, menunjukkan apresiasi atau hanya ingin berbagi dengan orang-orang di sekitar kita. Jika kamu kesulitan memilih hadiah yang tepat untuk seseorang, perhatikan tips di bawah ini baik-baik ya.


Pilih Personalized Gift

Menambahkan sentuhan pribadi pada hadiah adalah salah satu cara terbaik untuk membuat hadiah kita lebih berkesan. Personalized gift bisa dalam bentuk apapun, seperti memberikan mereka barang yang mereka sukai atau butuhkan lalu tambahan inisial mereka. Atau kamu juga bisa memberikan hadiah hasil kreasimu sendiri seperti gambar, aksesoris atau makanan, misalnya Snack Box. Di Tasty Snack, kamu tidak perlu repot-repot memilih snack apa yang cocok untuk diberikan kepada teman atau kerabatmu, karena kami sudah siapkan curated gift box dengan tema-tema unik yang bisa kamu pilih sesuai karakter mereka. Lebih hemat waktu kan? 


Pilih yang Bermanfaat

Jika tak tahu harus memilih hadiah apa, pilihlah sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Sesuatu yang digunakan secara teratur, misalnya power bank, makanan dan minuman, atau bisa juga voucher belanja. Voucher belanja adalah salah satu hadiah yang pasti bermanfaat, karena mereka bisa memilih apa yang mereka suka atau butuhkan sendiri. Selain snack box, Tasty Snack juga menyediakan gift voucher dengan nominal min. Rp. 50.000,-. Kamu bisa memberikan sebagai hadiah perorangan atau event-event tertentu, seperti acara anniversary atau ulang tahun perusahaan.


Tambahkan Pesan Spesial

Memberikan hadiah tak lengkap rasanya jika tidak menyelipkan pesan spesial bagi si penerima. Pesan ini adalah bentuk perhatian ekstra selain dari hadiah yang kita berikan, karena bisa berisi ucapan dan doa-doa yang terkadang tidak bisa tersampaikan hanya dengan hadiahnya. Lewat kartu ucapan, kamu bisa menambahkan pesan spesial yang berisi untaian kata-kata indah.

 

Hadiah yang Bagus Tak Harus Mahal

Jangan pernah berpikir bahwa hadiah yang bagus itu harus mahal, karena semua tergantung bagaimana cara kita memberikannya.  Hadiah yang sederhana bisa jadi lebih berkesan daripada hadiah mahal jika kita memberikannya dengan cara yang tepat. Sesuatu yang unik, tak terduga tetapi memiliki nilai personal yang mendalam untuk penerimanya bisa jadi pilihan hadiah yang bagus lho.


Nah, setelah kamu tahu manfaat apa saja yang bisa diperoleh saat memberikan hadiah, kamu jadi semangat dong untuk memberi terus? Apalagi sudah ada tips memilih hadiah juga yang bisa jadi panduan untuk kamu yang kesulitan mencari hadiah. Tapi kalau kamu suka makanan atau si penerima hadiah suka jajan snack,  kamu bisa hubungi Tasty Snack untuk pilihan-pilihan snack yang bisa membuat hadiahmu lebih berkesan. We’re always ready to help you!