Happy customer is the best customer! Ketika pelanggan senang, mereka akan datang lagi dan lagi, merekomendasikan bisnis kamu kepada rekan-rekan mereka, dan tak ragu untuk memuji bisnis kamu juga. Sebagai balasannya, kamu harus memastikan mereka merasa dihargai atau diapresiasi.
Apresiasi pelanggan dan opini positif pelanggan sangat penting untuk mengembangkan bisnis kamu. Tidak perlu melakukan sesuatu yang ekstrim, cara-cara sederhana pun bisa dilakukan untuk menunjukkan bahwa kamu peduli dan ingin membuat pelanggan merasa istimewa, sehingga berdampak positif pada loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis kamu. Let's check this out!
Melibatkan Pelanggan di Website atau Media Sosial
Memasukkan review pelanggan terhadap produk di website atau media sosial bisnis kamu adalah salah satu bentuk apresiasi pelanggan yang sederhana dan sangat mudah dilakukan. Misalnya, produk makanan diet yang bisa mengangkat cerita customer yang berhasil menurunkan berat badan. Kuncinya adalah kamu harus ingat bahwa ini adalah ‘review customer’ dan kamu hanya menggunakannya sebagai bagian dari apresiasi dan promosi. Kamu harus menampilkan kisah mereka apa adanya, tanpa harus membumbuinya dengan pujian untuk produk kamu sendiri.
Mengirimkan Bingkisan atau Hadiah
Bukan dengan memberikan hadiah gratis dengan minimal pembelian tertentu, tetapi memberikan hadiah spesial yang memang diperuntukkan untuk pelanggan setia bisnis kamu. Agar lebih berkesan, kamu harus memberikan hadiah yang unik atau kreatif. Misalnya, kamu bisa memberikan snack box berisikan makanan dan minuman favorit customer.
Good news! Buat kamu yang tidak punya banyak waktu untuk memilih snack, mengemasnya dan mengirimnya ke customer, jangan khawatir! Tasty Snack bisa membantu kamu membuat personalized snack box dengan tambahan kartu ucapan di dalamnya. Kamu cukup duduk manis dan tunggu kabar baik dari customer.
Mengadakan Loyalty Program
Salah satu cara termudah untuk menunjukkan apresiasi terhadap pelanggan setia secara konsisten adalah mengadakan loyalty program. Meskipun kamu membutuhkan sedikit usaha ekstra untuk mempersiapkannya, perlahan program ini dapat berjalan sendiri tanpa harus memantau customer terus-menerus.
Loyalty program bisa sangat efektif jika dijalankan dengan baik, karena bisa meningkatkan penjualan. Yang awalnya hanya sekali dalam sebulan, customer bisa melakukan transaksi lebih banyak karena mengincar poin loyalty program. Tapi kamu harus pastikan nilai hadiahnya sebanding dengan usaha yang dikeluarkan customer, supaya bisa menarik mereka untuk terus melakukan pembelian. Selain nilainya, reward-nya juga haruslah simple dan mudah didapatkan, diterima sampai digunakan oleh customer.
Mendengar dan Menindaklanjuti Feedback dari Pelanggan
Banyak bisnis yang hanya mendengar tapi tidak menindaklanjuti masukan dari pelanggan. Biasanya, pelanggan yang paling kritis adalah pelanggan yang paling sering bertransaksi atau loyal customer. Jadi sangat penting untuk mendengarkan feedback dari mereka karena bisa meningkatkan performa bisnis kamu.
Bukan hanya mampu menciptakan produk dan pengalaman bertransaksi yang lebih baik secara bertahap, dengan menindaklanjuti feedback mereka artinya kamu peduli dengan memberikan apa yang mereka cari. Hubungan kamu dan pelanggan pun semakin baik untuk masa depan bisnis kamu.
Buat Acara Khusus untuk Apresiasi Pelanggan
Last but not least, mungkin cara terbaik dan berkesan setelah semua cara dilakukan adalah dengan mengadakan acara khusus yang didedikasikan 100% untuk mengapresiasi pelanggan. Kamu bisa mengundang loyal customer untuk dinner bersama dan pemberian trofi untuk loyal customer. Atau kamu juga bisa membuat hari khusus untuk merayakan pencapaian perusahaan, misalnya mengadakan ‘One Day Half Price’ khusus untuk 1000 loyal customer yang rutin bertransaksi. Yang terpenting adalah customer tahu bahwa acara atau hari khusus itu merupakan bentuk penghargaan perusahaan terhadap mereka.
Ucapkan Terima Kasih Melalui Email
Email apresiasi pelanggan bertujuan untuk memelihara hubungan emosional antara perusahaan dan pelanggan. Agar bisnis kamu terus berkembang, email apresiasi pelanggan fokus pada satu aspek: menunjukkan rasa terima kasih. Kamu bisa mengungkapkan rasa terima kasih dalam beberapa cara, misalnya menawarkan diskon eksklusif, hadiah khusus, atau penawaran menarik lainnya. Meskipun terlihat sederhana, namun cara-cara ini mampu membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnis kamu dalam jangka panjang.
Kesuksesan bisnis Anda tidak akan lepas dari peran loyal customer. Dengan menunjukkan apresiasi kepada mereka secara nyata, bukan hanya sekadar mengucapkan terima kasih melalui email, adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan customer senang dan loyalitas pelanggan bertahan dalam jangka panjang.
Anda bisa hubungi Tasty Snack via email askus@tastysnack.id untuk pilihan corporate gift berupa snack box atau voucher belanja yang bisa diberikan kepada loyal customer, mudah, praktis, dan eksklusif.