15 Rekomendasi Makanan Pedas Korea untuk Kamu Spicy Lovers! – Tasty Snack Indonesia

15 Rekomendasi Makanan Pedas Korea, Cocok untuk Kamu Spicy Lovers!

Makanan dari Korea Selatan terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan menggugah selera.

Tak heran jika makanan pedas Korea berhasil mencuri perhatian masyarakat, mengingat orang Indonesia sangat menyukai hidangan pedas.

Tasty Snack akan merangkum rekomendasi makanan pedas Korea yang patut kamu cobain, baik untuk pemula sampai penggemar makanan pedas. Simak bareng-bareng, yuk!  

1. Dakbal 

dakbal

Bukan cuma orang Indonesia, ternyata orang Korea juga suka makan ceker ayam, lho! Dakbal adalah ceker ayam yang dimasak dengan bumbu pedas.

Kamu bisa merasakan sentuhan panas dan lezatnya sampai ke tulang-tulangnya. Beda banget kan dengan makanan dari olahan ceker ayam yang kamu temukan di sekitar? 

2. Jjamppong 

jjamppong

Jjamppong terdiri dari mie, aneka sayuran, dan aneka makanan laut yang disajikan dalam kuah sup pedas dan panas. Makanan berkuah yang satu ini cocok banget kamu santap saat cuaca dingin.

Yang bikin jjamppong menarik adalah bumbu pedas yang digunakan adalah bubuk cabai dari Korea, jadi rasa pedasnya dijamin beda dari yang lain. 

3. Tteokbokki 

tteokbokki

Tteokbokki adalah salah satu jajanan kaki lima Korea yang paling populer. Biasanya, tteokbokki disajikan dengan cara ditumis bersama saus gochujang yang pedas dan kental, lalu dipadukan dengan fish cake, telur rebus dan potongan daun bawang.

Sentuhan saus kentalnya pasti bikin para spicy lovers ketagihan!

Kalau kamu mau cari Tteokbokki yang gampang dibuat, Tasty Snack merekomendasikan Goodpoki untuk kamu cobain.

Cara penyajian Goodpoki sangat mudah. Rebus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 4 menit lalu campurkan dengan bumbu pedas yang tersedia.

Ada dua varian Goodpoki yang bisa kamu cobain, yakni Goodpoki - Topokki Hot Cup yang super pedas dan Goodpoki - Topokki Original Cup dengan rasa pedas di level sedang. 

4. Budae Jjigae 

budae jjigae

Makanan pedas berkuah Korea yang satu ini memiliki latar belakang yang cukup menyedihkan. Budae jjigae atau disebut juga dengan army stew muncul setelah perang Korea usai.

Saat itu Korea Selatan tengah dilanda krisis pangan, sehingga bahan yang digunakan untuk membuat budae jjigae awalnya berasal dari makanan sisa pangkalan militer Amerika Serikat, seperti sosis dan irisan ham yang dicampur dengan bahan tradisional Korea seperti kimchi dan gochujang.

Walau memiliki cerita yang menyedihkan, budae jjigae tetap menjadi makanan yang populer hingga kini. Kamu sekarang bisa menemukan budae jjigae di seluruh Korea Selatan dengan mudah. 

5. Bibim Naengmyeon 

bibim naengmyeon

Pernah ga sih kamu bayangin makan makanan pedas tapi disajikan secara dingin? Bibim naengmyeon adalah mie dengan kuah yang tidak terlalu kental dan disajikan dingin seperti es di mangkuk aluminium.

Rasa kuah bibim naengmyeon adalah manis dan pedas dengan sedikit rasa cuka. Mie pedas dingin ini umumnya diberi topping mentimun.

Jika kamu hendak menyantap bibim naengmyeon, kamu harus mencampurkannya terlebih dahulu. Setelah itu barulah kamu bisa menyantapnya. 

6.Galbi Jjim 

galbi jjim

Makanan pedas Korea lainnya adalah galbi jjim, yakni iga rebus yang dimasak sampai empuk.

Meskipun terkenal cukup pedas, galbi jjim juga memiliki unsur gurih dan manis yang dimasukkan untuk menyeimbangkan hidangan.

Di Korea, galbi jjim dimasak untuk menyambut hari raya tradisional dan acara-acara khusus. 

7. Kimchi 

kimchi

Makanan khas korea yang pedas selanjutnya adalah kimchi. Dikutip dari BBC, hidangan ini sudah ada sejak 3,000 tahun lalu!

Bahan utama kimchi adalah kubis, lobak atau mentimun yang dicampur dengan berbagai bumbu yang masukkan ke dalam tong khusus lalu difermentasikan.

Tradisi membuat kimchi pada zaman dulu dilakukan saat musim dingin supaya memastikan stok makanan tetap terjaga. Sebab di masa lampau, banyak orang Korea meninggal karena mengalami kelaparan.

8. Bibimbap 

bibimbap

Bibimbap secara harfiah berarti "nasi campur". Penyajiannya pun cukup unik. Semangkuk nasi putih hangat diberi topping saus gochujang pedas, doenjang, kecap, serta berbagai sayuran tumis dan berbumbu seperti mentimun, tauge, lobak, bayam, dan jamur.

Tak lupa, topping lain berupa telur mentah atau goreng dan irisan daging sapi juga dimasukkan. Bibimbap harus dicampur terlebih dahulu sebelum disantap.

9. Jjimdak 

jjimdak

Jjimdak berasal dari kota Andong, Korea Selatan. Bahan-bahan untuk membuat jjimdak ayam, sayuran, soun, ganjang (kecap Korea) dan cheongyang gochu (cabai hijau segar).

Perpaduan antara kecap asin dan pedas membuat jjimdak memiliki rasa yang cukup menonjol dibandingkan makanan pedas Korea lainnya. 

10. Dakkochi 

dakkochi

Sebagai salah satu street food Korea yang populer, dakkochi memiliki tampilan yang mirip dengan yakitori asal Jepang.

Daging ayam tanpa tulang dipotong kecil berbentuk kubus dan ditusuk selang-seling bersama dengan daun bawang.

Yang bikin beda dakkochi  dengan yakitori adalah saus yang digunakan, yakni campuran gochujang dan kecap. 

11. Dakgangjeong 

dakgangjeong

Bagi kamu yang suka makanan yang bisa langsung masuk ke mulut alias sekali “hap”, maka dakgangjeong bakalan cocok untukmu.

Jajanan Korea yang satu ini terbuat dari daging ayam boneless yang dipotong dadu atau kecil-kecil. Kemudian daging ayam akan dimasak dan dilapisi oleh saus spesial dengan paduan cita rasa asin, pedas, dan manis. 

12. Dak Galbi 

dak galbi

Dak galbi adalah hidangan pedas asal Korea Selatan berikutnya yang terdiri dari potongan daging ayam, kol, tteok, wortel, cabai, dan ubi jalar.

Sementara saus pedas yang menjadi ciri khas dak galbi terbuat dari pasta cabai pedas, cabai bubuk, kecap, bawang putih, jahe, dan bawang merah. 

Kamu juga bisa menemukan varian dak galbi lain dengan topping keju mozarella yang bakal meleleh saat masuk ke mulut. Hmmm, rasanya jadi pedas, asin, dan lumer di mulut!  

13.  Sundubu Jjigae 

sundubu jjigae

Dibuat dari berbagai bahan seperti tahu, kimchi, sayur-sayuran, dan gochujang, sundubu jjigae merupakan hidangan pedas berikutnya yang biasa disajikan bareng nasi putih hangat dan banchan.

Bahan opsional lain yakni seafood, daging, dan telur mentah membuat sundubu jjigae menjadi hidangan yang cocok disantap saat kamu sedang lapar-laparnya ketika cuaca dingin. 

14. Kimchi Bokkeumbap 

kimchi bokkeumbap

Rasanya hampir semua makanan Asia ada yang terbuat dari nasi. Korea Selatan pun juga memiliki hidangan dengan nasi sebagai bahan utama yang diberi berbagai bumbu khas Korea.

Kimchi bokkeumbap merupakan makanan pedas dari olahan nasi asal Korea Selatan. Cara pembuatannya pun mirip dengan nasi goreng yang biasa kamu temukan sehari-hari.

Hanya saja, rasa pedas kimchi bokkeumbap berasal dari kimchi yang dijadikan campuran dalam nasi. Pedasnya bakal nampol banget, nih!  

15. Nakji Bokkeum 

nakji bokkeum

Rekomendasi makanan pedas Korea terakhir jatuh pada nakji bokkeum.

Makanan ini terbuat dari gurita cincang dan sayuran yang direndam dalam gochujang, kecap, bawang putih, garam, dan gula yang diolah dengan cara ditumis.

Terdapat versi nakji bokkeum yang terbuat dari cumi-cumi, yaitu ojingeo bokkeum. Rasanya pun juga hampir serupa dengan nakji bokkeum. 

Mana nih makanan pedas Korea yang bikin kamu ngiler?

Kalau kamu mau cari snack Korea, kamu tidak perlu bingung. Sebab Tasty Snack punya segudang koleksi snack Korea yang bisa kamu icip-icip di kala senggang atau sedang sibuk kerja.

Yuk, cari cemilan favoritmu di Tasty Snack!